Nyata dan Bermakna

Mengenal Jalur Kereta Api Banjar - Pangandaran - Cijulang

Mengenal Jalur Kereta Api Banjar - Pangandaran - Cijulang || Jalur ini adalah jalur kereta api yang menghubungkan Stasiun Banjar dengan Stasiun Cijulang yang melalui Pangandaran. Jalur ini termasuk dalam Wilayah Daerah Operasi II Bandung. Jarak antara Stasiun Banjar dengan Stasiun Cijulang memiliki panjang sekitar 82 km. Pada awalnya, jalur ini dulu merupakan jalur yang sibuk. Salah satu kelebihannya adalah pemandangan panorama jalur ini sangat indah mulai dari pegunungan hingga laut.

Jalur Kereta Api Banjar - Pangandaran- Cijulang mempunyai banyak jembatan dan 4 terowongan yakni Terowongan Batulawang (panjang 281,5 m) Terowongan Hendrik (panjang 105 m), Terowongan Juliana (panjang 147,70 m), dan Terowongan Sumber atau Wilhelmina (1.116,10 m). Salah satu jembatan dan terowongan merupakan paling panjang di Indonesia yaitu Jembatan Cikacepit dengan panjang 290 m dan Terowongan Sumber atau Wilhelmina dengan panjang 1.116,10 m.

Tanggal 18 Juli 1911, pemerintah kolonial memutuskan untuk membangun jalur kereta api Banjar - Kalipucang - Parigi melalui Banjarsari (Pangandaran). Jalur ini diresmikan pada tanggal 15 Desember 1916 oleh Staatsspoorwegen Westerlijnen termasuk dalam Daerah Operasi II Bandung. Total pembangunannya selesai pada 1 Juni 1921.

    Bacaan Direkomendasikan;
    - Mengenal Kereta Api (KA) Galunggung - [klik di sini]
    - Mengenal Kereta Api (KA) Pangandaran - [klik di sini]

Jalur Kereta Api Banjar - Pangandaran -Cijulang atas pertimbangan tertentu pada saat itu, ditutup total oleh PT. KAI mulai tanggal 1 Februari 1982. Indonesian Railway Preservation Society (2007) pernah mencatat bahwa pada tahun 1997, petak Banjar - Banjarsari (Pangandaran) sempat diperbaiki. Namun jalur ini ditutup lagi saat krisis ekonomi yang melanda seluruh Asia. Berkali-kali reaktivasi digaungkan untuk jalur ini, akan tetapi tidak pernah terealisasikan. Namun pada tahun 2018, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menggaungkan realisasi pengaktifan kembali jalur tersebut bersama jalur-jalur KA mati di Jawa Barat. Rencananya reaktivasi Jalur Kereta Api Banjar - Pangandaran -Cijulang  akan dilakukan setelah reaktivasi jalur Kereta Api Cibatu - Cikajang selesai dilakukan.

Demikian sajian informasi mengenai Jalur Kereta Api Banjar - Pangandaran - Cijulang yangdapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga sajian berikut bermanfaat ...
Labels: Otomotif

Thanks for reading Mengenal Jalur Kereta Api Banjar - Pangandaran - Cijulang. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal Jalur Kereta Api Banjar - Pangandaran - Cijulang"

Your comment for me, please!

Back To Top