Panduan Ekskul Wajib Pendidikan Kepramukaan SD

Panduan Ekskul Wajib Pendidikan Kepramukaan SD || Sejak digulirkan tahun 2014, Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan di Sekolah Dasar dan Menengah mengalami berbagai problematika dalam penerapannya. Hal ini secara umum disebabkan oleh kesalahan persepsi pengelola satuan pendidikan dalam memahami isi Permendikbud Nomor 63 tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Di sisi lain, yang dikehendaki dalam Permendikbud Nomor 63 tahun 2014 adalah Pendidikan Kepramukaan sebagai wahana penguatan psikologis-sosial-kultural (reinforcement) perwujudan sikap dan keterampilan kurikulum 2013 yang secara psikopedagogis koheren (keterkaitan) dengan pengembangan sikap dan kecakapan kepramukaan. Dengan demikian pencapaian Kompetensi Inti Sikap Spiritual (KI-1), Sikap Sosial (KI-2), dan Keterampilan (KI-4) memperoleh penguatan bermakna (meaningfull learning) melalui fasilitasi sistemik-adaptif pendidikan kepramukaan di lingkungan satuan pendidikan.

Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan Sekolah Dasar bertujuan agar peserta didik kuat karakter spiritual dan sosial, mantap kebangsaan dan kenegaraan Indonesia, dan kokoh kecakapan diri sehingga peserta didik kelak mampu hidup di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan Sekolah Dasar juga dilaksanakan untuk Penguatan Pendidikan Karakter bagi peserta didik.

Silahkan Download;
Panduan Ekskul Wajib Pramuka SD -[klik di sini]

pelaksanaan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan senantiasa memerhatikan aspek yang dicanangkan ke dalam tujuh nilai dalam penumbuhan budi pekerti untuk mengkristalisasi lima nilai penguatan pendidikan karakter yaitu religius, integritas, nasionalis, mandiri, dan gotong royong. Oleh karenanya, perlu dibuat sebuah panduan yang lebih bersifat praktis dan sistematis dalam upaya menerapkan pendidikan kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah Dasar dengan nafas Penumbuhan Budi Pekerti untuk penguatan pendidikan karakter.

Demikian sajian informasi mengenai Panduan Ekskul Wajib Pendidikan Kepramukaan SD yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga sajian berikut ini brmanfaat !!! ...

Labels: Pramuka All

Thanks for reading Panduan Ekskul Wajib Pendidikan Kepramukaan SD. Please share...!

0 Komentar untuk "Panduan Ekskul Wajib Pendidikan Kepramukaan SD"

Your comment for me, please!

Back To Top
close