-->

Panduan Pengelolaan Gudep Pramuka SD

Panduan Pengelolaan Gudep Pramuka SD || Sudah menjadi tanggung jawab sekolah untuk menghidupkan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Apalagi, tuntutan generasi bangsa ke depan yang harus berkarakter, berbangsa, dan berkecakapan menjadi sorotan utama pendidikan di Indonesia. Di sisi lain, Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah harus menjadi titik sentral dalam pembinaan yang terintegrasi ke dalam budaya sekolah sehingga diperoleh prestasi belajar siswa yang utuh antara sikap, pengetahuan, dan keterampilan.  Dengan diterbitkannya Permendikbud Nomor 63 tahun 2014 menghendaki agar Pendidikan Kepramukaan sebagai wahana penguatan psikologis-sosial-kultural (reinforcement) perwujudan sikap dan keterampilan kurikulum 2013 yang secara psikopedagogis koheren (keterkaitan) dengan pengembangan sikap dan kecakapan kepramukaan.

Pendidikan Kepramukaan bertujuan membina kaum muda menjadi generasi yang sehat dan kuat jiwa raganya, terpuji karakternya, kokoh kebangsaannya, dan mumpuni keterampilannya. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Untuk itu, diperlukan pembinaan yang terus-menerus bagi pendidikan Kepramukaan di sekolah sebagai wahana pelengkap pendidikan formal.

Gugus Depan sebagai rumah bagi peserta didik mengembangkan jiwa-raga, karakter, kebangsaan, dan keterampilan hidup perlu didorong dan dikembangkan secara terus menerus. Hal ini sebagai upaya untuk mempercepat pencapaian tujuan pendidikan nasional yang sinergi dengan pembinaan peserta didik melalui pendidikan Kepramukaan.

Gugus Depan yang berpangkalan di Sekolah Dasar memiliki karakteristik khusus dalam pengelolaannya. Meski telah terdapat petunjuk penyelenggaraan Gugus Depan yang diterbitkan oleh Kwartir Nasional, masih diperlukan panduan pengelolaan Gugus Depan yang berpangkalan di Sekolah Dasar untuk melengkapi atau memfokuskan panduan hanya pada Gugus Depan yang berpangkalan di Sekolah Dasar.

Silahkan Download;
Panduan Pengelolaan Gudep Pramuka SD - [klik di sini]

Panduan ini diharapkan dapat menjadi buku praktis Pedoman Pengelolaan Gugus Depan yang berpangkalan di Sekolah Dasar. Semoga Allah Tuhan Yang Mahakuasa senantiasa melimpahkan berkat dan rahmat-Nya kepada kita sekalian.

Demikian sajian informasi mengenai Panduan Pengelolaan Gudep Pramuka SD yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga sajian berikut ini bermanfaat !!! ...

Labels: Pramuka All

Thanks for reading Panduan Pengelolaan Gudep Pramuka SD. Please share...!

0 Komentar untuk "Panduan Pengelolaan Gudep Pramuka SD"

Your comment for me, please!

Back To Top
close