Struktur Alokasi Waktu Beban Belajar Kurikulum 2013 SMP/MTs Revisi 2018

Struktur, Alokasi Waktu dan Beban Belajar Kurikulum 2013 SMP/MTs Revisi 2018 || Struktur Kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, distribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap peserta didik. Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran. Struktur Kurikulum terdiri atas; Kompetensi Inti, Mata Pelajaran, Beban Belajar dan Muatan Pembelajaran.

Kompetensi Inti;
Kompetensi Inti Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik SMP/MTs pada setiap tingkat kelas. Kompetensi inti dirancang untuk
setiap kelas. Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan.

Mata Pelajaran;
Struktur Kurikulum SMP/MTs terdiri atas mata pelajaran umum kelompok A dan mata pelajaran umum kelompok B. Khusus untuk MTs, dapat ditambah dengan mata pelajaran keagamaan yang diatur oleh Kementerian Agama.


Beban Belajar;
Beban belajar merupakan keseluruhan kegiatan yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pembelajaran.
  1. beban belajar di SMP/MTs dinyatakan dalam jam pelajaran per minggu. Beban belajar satu minggu adalah minimal 38 (tiga puluh delapan) jam pelajaran.
  2. beban belajar di Kelas VII, VIII, dan IX dalam satu semester paling sedikit 18 (delapan belas) minggu efektif.
  3. beban belajar di kelas IX pada semester ganjil paling sedikit 18 (delapan belas) minggu efektif.
  4. beban belajar di kelas IX pada semester genap paling sedikit 14(empat elas) minggu efektif.
  5. beban belajar bagi SMP/MTs yang menyelenggarakan Sistem Kredit Semester (SKS), diatur lebih lanjut dalam Pedoman SKS.
Muatan Pembelajaran;
Muatan pembelajaran di SMP/MTs yang berbasis pada konsep-konsep terpadu dari berbagai disiplin ilmu untuk tujuan pendidikan adalah Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pada hakikatnya IPA dan IPS dikembangkan sebagai mata pelajaran dalam bentuk integrated sciences dan integrated social studies. Muatan IPA berasal dari disiplin biologi, fisika, dan kimia, sedangkan muatan IPS berasal dari sejarah, ekonomi, geografi, dan sosiologi.

Download Data Lengkap;
Struktur Kurikulum 20113 SMP/MTs Revisi 2018 - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Struktur, Alokasi Waktu dan Beban Belajar Kurikulum 2013 SMP/MTs Revisi 2018 yang dapat dismpaikan pada kesempatan ini. Semoga sajian berikut bermanfaat ....

Labels: Kurikulum

Thanks for reading Struktur Alokasi Waktu Beban Belajar Kurikulum 2013 SMP/MTs Revisi 2018. Please share...!

0 Komentar untuk "Struktur Alokasi Waktu Beban Belajar Kurikulum 2013 SMP/MTs Revisi 2018"

Your comment for me, please!

Back To Top
close