Peristiwa Rengasdengklok Jelang Kemerdekaan Indonesia

Peristiwa Rengasdengklok Jelang Kemerdekaan Indonesia || Peristiwa Rengasdengklok adalah salah satu peristiwa penting yang mewarnai sejarah Negara Republik Indonesia sampai akhirnya Indonesia menjadi negara yang merdeka seutuhnya. Peristiwa rengasdengklok sendiri  singkatnya adalah peristiwa dimana terjadinya penculikan terhadap Ir. Soekarno bersama Drs.Moh Hatta yang dilakukan oleh golongan muda pada satu hari sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia diumumkan tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1945. Keduanya diculik oleh golongan muda lalu dibawa ke salah satu kota kecil di provinsi Jawa Barat tepatnya dikota Rengasdengklok. Oleh sebab itu peristiwa ini dinamai dengan nama peristiwa rengasdengklok.

Latar Belakang Peristiwa Rengasdengklok

Peristiwa Rengasdengklok dilatarbelakangi karena adanya suatu perbedaan pendapat antara golongan tua dengan golongan muda. Golongan tua seperti Ir. Soekarno dan Moh. Hatta menginginkan bahwa proklamasi didiskusikan terlebih dahulu dengan PPKI sedangkan golongan muda memaksa supaya cepat-cepat diumumkan kemerdekaan, selain itu golongan muda tidak suka dengan PPKI yang tak ingin negara Jepang ikut campur dan tidak terpengaruh oleh Jepang.

Sebelum itu golongan pemuda sudah mengadakan perundingan di salah satu lembaga bakteriologi di Pegangsaan Timur Jakarta, pada tanggal 15 Agustus. Dalam pertemuan ini diputuskan supaya pelaksanaan kemerdekaan dilepaskan segala ikatan dan hubungan dengan janji kemerdekaan dari Jepang. Hasil keputusan disampaikan kepada Ir. Soekarno pada malam harinya tetapi ditolak oleh Soekarno karena merasa bertanggung jawab sebagai ketua PPKI

Tujuan Peristiwa Rengasdengklok
  1. Mencegah terpengaruhnya Soekarno-Hatta terhadap pengaruh Jepang.
  2. Untuk mendesak kedua tokoh supaya segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia terlepas dari segala ikatan Jepang.
Kronologi Peristiwa Rengasdengklok
  1. Menjelang tanggal 16 Agustus 1945, pada waktu tengah malam para golongan muda melakukan rapat di asrama Baperpi ( Badan Permusyawaratan Pemuda Indonesia) di jalan Cikini No.7 Jakarta. Rapat tersebut menghasilkan sebuah keputusan untuk mengamankan Ir.Soekarno dan Drs.Muh Hatta keluar Jakarta.
  2. Para pemuda memutuskan untuk mengamankan Soekarno-Hatta di Rengasdengklok. Pemilihan Rengasdengklok sebagai tempat untuk mengamankan kedua tokoh tersebut dipertimbangkan menurut perhitungan militer.Rengasdengklok terletak 15 km dari jalan raya Jakrta-Cirebon. Selain itu, antara daidan(batalion) Peta Jakarta dan Rengasdengklok saling berlatih bersama.
  3. Dari pertimbangan tersebut, setiap gerakan pasukan Jepang yang akan ke Rengasdengklok dari beberapa penjuru dengan cepat akan bisa diketahui dan dihadang dengan kekuatan militer yang cukup.
  4. Ir.Soekarno dijemput dirumahnya oleh Chairul Saleh dan Muwardi. Sedangkan Drs.Muh Hatta dijemput oleh Sukarni dan Yusuf Kunto.
  5. Rombongan berangkat ke Rengasdengklok dengan pengawal pasukan Peta di bawah pimpinan Sodaco Singgih.
  6. Setibanya di Rengasdengklok tawanan tadi diletakkan di ruma Djiaw Kie Siong, seorang warga keturunan Tionghoa. Siong hanyalah petani kecil yang rumahnya ada di RT 1 RW 9 Nomor 41 Rengasdengklok Utara, Karawang.
  7. Hilangnya kedua tokoh tersebut ( Soekarno-Hatta) baru diketahui oleh golongan tua di Jakarta pada pukul 08.00.
  8. Di Rengasdengklok terjadi pembicaraan pribadi antara Soekarno, Sodanco Singgih. Isi pembicaraan tersebut Sodanco menyimpulkan bahwa Soekarno bersedia untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia segara setelah kembali ke Jakarta. Sesudah itu Sodanco Singgih bergegas memberitahu kesediaan Soekarno itu kepada para golongan muda lainnya di Jakarta.
  9. Sementara itu, Mr. Ahmad Subarjo dan Wikana sepakat bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia harus dilakukan di Jakarta karena Laksamana Maeda bersedia dan menjamin keselamatan selama mereka berada di rumahnya.
Keesokan harinya, tanggal 17 Agustus 1945 dan bertempat di rumah Bung Karno di Jl.Pegangsaan Timur 56 Jakarta pernyataan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan.

Demikian sajian informasi mengenai Peristiwa Rengasdengklok Jelang Kemerdekaan Indonesia yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Sejarah

Thanks for reading Peristiwa Rengasdengklok Jelang Kemerdekaan Indonesia. Please share...!

0 Komentar untuk "Peristiwa Rengasdengklok Jelang Kemerdekaan Indonesia"

Your comment for me, please!

Back To Top
close