-->

Kenali; Inilah 6 Ciri Anak Kreatif

Kenali; Inilah 6 Ciri Anak Kreatif || Kreatif adalah memiliki daya cipata, mempunyai kemampuan untuk mencipatakan,atau mampu menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun kenyataan yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Orang kreatif cukup sulit digambarkan. Ini karena kreativitas melibatkan sejumlah proses berpikir, imajinatif, tindakan, dan emosi berbeda-beda pada setiap orang.

Akan tetapi, kreatif  juga sebenarnya bisa dikenali dari perilaku yang tercermin melalui ciri-ciri tertentu. Berikut disajikan 6 ciri anak dan manusia pada umumnya yang kreatif
  1. Tidak hanya pintar menunjukkan kecerdasan IQ berkaitan. Orang cerdas dilihat dari skor IQ rata-rata memiliki rasa ingin tahu tinggi sehingga mampu berpikir kreatif dan menyelesaikan pekerjaan dengan cara kreatif. Baca juga: Mengembangkan Kreativitas Anak di Rumah Kecerdasan IQ mumpuni membuat seseorang mampu melihat suatu hal dengan cara pandang berbeda.
  2. Suka berimajinasi tapi realistis Orang kreatif suka berangan-angan membayangkan hal yang kadang tidak terpikirkan orang lain. Ini adalah ciri-ciri orang kreatif paling khas. Orang kreatif cenderung menjadi seniman, musisi, penulis, atau pelukis. Walaupun pada kenyataanya, pemikiran kreatif tidak membatasi kegiatan seseorang, misal dalam dunia bisnis. Meski sering “berkhayal di siang bolong”, orang kreatif tidak berdiam diri. Ide-ide yang mereka pikirkan sering dituangkan menjadi kenyataan dan terobosan baru. 
  3. Suka bermain namun disiplin Inilah sebab mengapa karakteristik orang kreatif sulit digambarkan. Mereka cenderung senang bermain, tapi tetap disiplin. “Bermain” dimaksud adalah kombinasi antara sikap aktif dan keingintahuan mereka terhadap sesuatu.
  4. Banyak energi tetapi tetap fokus Sering ditemui orang kreatif memiliki banyak energi, baik secara fisik maupun mental. Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam melakukan hal menarik perhatian mereka dengan konsentrasi tinggi. Banyak energi berbeda dengan hiperaktif. Orang kreatif memahami waktu dan mengenal kemampuan diri dengan baik. Mereka tahu kapan sebaiknya istirahat mengembalikan energi dan waktu-waktu tertentu saat mereka melakukan pekerjaan dengan baik.
  5. Memiliki passion kuat dan tetap fleksibel Orang kreatif biasanya mencintai tugas dan bersemangat menyelesaikan dengan baik. Di sisi lain, mereka juga fleksibel. Misalnya penulis tetap mendengarkan dan menghargai masukan serta kritik dari editor dan orang-orang sekitar mengenai tulisannya. Di sisi lain, mereka tidak berhenti sampai di situ saja karena mereka tetap bisa mempertahankan pendapat pribadi dengan alasan yang masuk akal.
  6. Ambivert Ada dua tipe kepribadian umum di dunia, introvert tertutup dan si gaul ekstrovert. Menurut penelitian, orang kreatif cenderung berada di tengah. Kepribadian campuran introvert dan ekstrovert disebut ambivert. Tipe kepribadian ini merujuk pada orang supel, ramah, dan bersosialisasi dalam kelompok besar, tapi tetap membutuhkan waktu menyendiri untuk berpikir. Sisi supel dan “haus akan interaksi” orang-orang ekstrovert memungkinkan mereka mencari inspirasi dan ide-ide baru, sementara sisi introvert membantu tetap bisa fokus pada pekerjaan dan mematangkan ide.
Demikian sajian informasi mengenai 6 Ciri Anak Kreatif  yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Kenali; Inilah 6 Ciri Anak Kreatif. Please share...!

0 Komentar untuk "Kenali; Inilah 6 Ciri Anak Kreatif"

Your comment for me, please!

Back To Top
close