Pengertian PAUD Formal dan PAUD Nonformal

Pengertian PAUD Formal dan PAUD Nonformal || Istilah PAUD yang merupakan kependekan dari Pendidikan Anak Usia Dini sudah sangat akrab di masyarakat bahkan sampai ke pelosok desa semenjak masyarakat berpartisipasi dalam penyeenggaraan pendidikan bagi anak sebelum masuk Taman Kanak-Kanak (TK). Bahkan banyak yang memahami bahwa PAUD adalah pendidikan sebelum TK. Pada kesempatan ini disajikan penjelasan mengenai PAUD.

Menurut Pasal 28 Undang-Undang Nomor  20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diselenggarakan melalui tiga jalur, yaitu; jalur formal, jalur nonformal dan jalur informal.

PAUD Formal diselenggarakan dalam bentuk Taman Kanak-kanak (TK) dan Raudlatul Athfal (RA) istiah untuk TK Islam. Pendidikan ini diperuntukkan bagi anak usia 4 s.d. 6 tahun. Yang disebut PAUD jalur nonformal adalah “sekolah” yang dikenal masyarakat sebagai Kelompok Bermain (Kober) atau dalam bahasa asing Play Group dan Taman Penitipan Anak (TPA). Jalur nonformal khusus menangani anak- anak usia 2-4 tahun yang diserap Kelompok Bermain (Play Group) dan Tempat Penitipan Anak. Sedangkan jalur informal adalah pendidikan di keluarga.

PAUD Nonformal tersebar dalam bentuk Taman Penitipan Anak, Kelompok Bermain dan Satuan PAUD Sejenis. Sedangkan Taman Penitipan Anak dan Satuan PAUD sejenis diikuti bayi. Satuan PAUD sejenis diantaranya berupa Bina Keluarga Balita, Taman Pendidikan Quran (TPQ), dan Sekolah Minggu. Bentuk TPQ dan Sekolah Minggu adalah PAUD Nonformal yang dikembangkan oleh lembaga bernafaskan agama.

Sedangkan di jalur informal, Direktorat PAUD juga telah merintis melalui PAUD berbasis keluarga. Prinsip PAUD melalui keluarga adalah bentuk penidikan nonformal yang dapat mendorong kesiapan anak dalam proses belajar di usia sekolah.

Demikian sajian informasi mengenai Pengertian PAUD Formal dan PAUD Nonformal yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga sajian berikut bermanfaat !!! ...

Labels: PAUD, Pendidikan

Thanks for reading Pengertian PAUD Formal dan PAUD Nonformal. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian PAUD Formal dan PAUD Nonformal"

Your comment for me, please!

Back To Top
close