Membangun Komunikasi Efektif antara Sekolah/Guru dengan Orang Tua Siswa

Membangun Komunikasi Efektif  antara Sekolah/Guru dengan Orang Tua Siswa || Pembelajaran dan pendidikan di sekolah sebenarnya bukan semata hanya merupakan tanggung jawab guru, melainkan tanggung jawab bersama antara guru dan orang tua siswa. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di sekolah akan terlaksana bila telah terbangun komunikasi efektif antara pihak sekolah, dalam hal ini wali kelas dan orang tua siswa. Komunikasi efektif akan terbangun bila wali kelas memiliki inisiatif menyampaikan hal-hal positif kepada orangtua tentang anak di sekolah.

Bila guru menyampaikan ide cara membantu dan mendukung anak-anak, menginformasikan lebih banyak tentang program akademik sekolah dan bagaimana cara kerjanya, maka orang tua akan terdorong untuk terlibat dalam pendidikan anak-anak. Dengan cara ini, orang tua juga akan menjadi lebih percaya diri tentang pentingnya keterlibatan mereka di sekolah.

Ada setidaknya 3 (tiga) topik yang bisa dibangun antara wali kelas dengan orang tua, yakni: Kegiatan belajar kelas, Prestasi anak-anak dan Bagaimana orang tua dapat membantu pembelajaran di rumah.Hal lain yang harus diperhatikan guru bahwa komunikasi akan lebih efektif bila dibangun dua arah.

Peluang untuk komunikasi efektif dua arah antara wali kelas dengan orang tua siswa dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan seperti berikut ini:
  1. Pertemuan orang tua dengan wali kelas
  2. Pembentukan organisasi orang tua - wali kelas
  3. Buku agenda kerja siswa mingguan atau bulanan yang dibawa pulang untuk ditinjau dan dikomentari orang tua
  4. Komunikasi melalui telepon atau kini melalui grup media sosial seperti WA grup kelas
  5. Komunikasi melalui website atau email sekolah
  6. Kunjungan ke rumah siswa
Demikian sajian informasi mengenai Membangun Komunikasi Efektif antara Sekolah/Guru dengan Orang Tua Siswa yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Artikel

Thanks for reading Membangun Komunikasi Efektif antara Sekolah/Guru dengan Orang Tua Siswa. Please share...!

0 Komentar untuk "Membangun Komunikasi Efektif antara Sekolah/Guru dengan Orang Tua Siswa"

Your comment for me, please!

Back To Top
close