Nyata dan Bermakna

Cara Menghitung Nilai Akhir PPDB SMA Jalur Prestasi UN 2019

Cara Menghitung Nilai Akhir PPDB SMA Jalur Prestasi UN 2019 || Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk Tahun Pelajaran 2019/2020 diatur dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 14 Tahun 2018. Hal yang masih ramai diperbincangkan salah satunya adalah sistem zonasi.

Pemerintah membuat kebijakan sistem zonasi dimaksudkan untuk menghilangkan stigma tentang adanya sekolah pavorit sehingga terjadi penumpukan calon peserta didik terutama yang memiliki Nilai UN tinggi hanya pada sekolah tertentu. Hal tersebut berakibat tidak meratanya kualitas sekolah tertutama yang berada di daerah pinggiran. Untuk itu, di tahun 2018, Sistem Zonasi tetap diberlakukan.

Baca Juga:
Ketentuan Seleksi Jalur Zonasi PPDB SMA 2019 - [klik di sini]

Banyak orang tua Calon Peserta Didik Baru belum memahami cara menghitung Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik (PPDB). Silahkan dibaca Cara Menghitung Skor Zonasi dalam PPDB SMA 2019 - [klik di sini]

Dalam Jalur Nilai Hasil Ujian Nasional (NHUN) ditetapkan bahwa Bobot Skor Zonasi = 30% dan Bobot Nilai UN = 70% sehingga Perhitungan Nilai Akhir Calon Peserta Didik Baru adalah gabungan (Nilai Zona X 30%) + (Nilai UN X 70%).
Nilai Akhir Calon Peserta Didik Baru diurutkan dari yang tertinggi sampai yang terendah. Kemudian berdasarkan Daya Tampung dan Kuota Jalur NHUN 50% dari total Calon Peserta Didik Baru yang akan diterima diambil dari yang tertinggi ke bawah sampai sejumlah berdasarkan  Daya Tampung dan Kuota, maka itulah Daftar Calon Peserta Didik yang LULUS, Nilai Akhir terkecil yang diterima biasanya disebut Passing Grade.

Ilustrasi Perhitungan:
Jarak Rumah ke Sekolah sesuai KK 9,5 KM dengan Skor Zona = 355
Seoran Calon Peserta Didik Baru memiliki Jumlah Nilai UN SMP = 312
Nilai yang Diperoleh adalah:
(355 X 30%) + (312 X 70%)
(106,50) + (218,40)
329,90

Demikian sajian informasi mengenai Cara Menghitung Nilai Akhir PPDB SMA Jalur Prestasi UN 2019 yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!
Labels: PPDB

Thanks for reading Cara Menghitung Nilai Akhir PPDB SMA Jalur Prestasi UN 2019. Please share...!

5 komentar on Cara Menghitung Nilai Akhir PPDB SMA Jalur Prestasi UN 2019

  1. Apa betul rumusnya begitu, bukan 70% dan 30%

    ReplyDelete
  2. Apa betul rumusnya begitu? Bukan 70%x bobot un dan 30%x bobot jarak??

    ReplyDelete
  3. Ya .... mhn maaf .... di awal saya adopsi info ini dari PPDB Jabar ketika hari pertama http://ppdb.jabarprov.go.id dirilis .... setelah ada perubahan sy ga keburu update lagi ..... krn kesibukan ....

    ReplyDelete
  4. apa bedanya dengan tahun 2017, masih di pake tidak system score radius

    ReplyDelete
  5. Bobot jarak memang dibuat lebih besar. Agar benar2 yg dekat dari sekolah yg lbh besar peluangnya diterima.
    Kalo bobot jarak porsinya kecil, gak ada bedanya dengan kebijakan lama...Tetap yg nilai UN besar yg bakal tinggi peluangnya

    ReplyDelete

Your comment for me, please!

Back To Top