Memahami Program Guru Keahlian Ganda dan Guru Multi Subyek

Memahami Program Guru Keahlian Ganda dan Guru Multi Subyek || Istilah Guru Keahlian Ganda dan Guru Multi Subyek mencuat setelah dimunculkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menyikapi kekurangan guru.

Guru Keahlian Ganda dipahami sebagai guru mampu mengampu lebih dari satu mata pelajaran. Program Guru Keahlian Ganda ini diberikan kepada Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) katagori mata pelajaran nonproduktif  yaitu  katagori guru normatif, seperti guru agama; guru adaptif, seperti Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika, Bahasa Inggris dan lain-lain. Guru mata pelajaran katagori nonproduktif tersebut diberikan pelatihan khusus dan disertifikasi untuk menguasai kompetensi mata pelajaran katagori produktif seperti bidang pertanian, pelayaran, mesin, elektronika, pariwisata dan sejenisnya.

Umpamanya, guru Fisika. Kebetulan guru Fisika di sekolah banyak, sehingga kekurangan jam mengajar, sehingga tidak bisa memenuhi kriteria 24 jam mengajar per minggunya untuk bisa mendapatkan tunjangan profesi. Nah, daripada tidak mendapat tunjangan profesi tapi punya minat dan bakat untuk menjadi guru lain selain fisika, guru fisika bisa mengambil mata pelajaran lainmisalnya elektronika. Karena itu, guru harus ikut pelatihan elektronika selama kurang lebih satu tahun yang dibiayai pemerintah. Setelah lulus pelatihan maka guru fisika ikut sertifikasi kedua terkait profesi elektronika tadi. Jadi, selain sertifikat tentang Fisika, maka juga punya sertifikat tentang Elektronika.

Sedangkan Guru Multi Subyek adalah Program yang diberikan kepada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) mata pelajaran tertentu untuk bisa mengampu mata pelajaran lain yang sejenis.

Pada prinsipnya, Program Guru Keahlian Ganda dan Program Guru Multi Subyek adalah sama, perbedaannya hanyalah terletak pada istilah saja. Guru Keahlian Ganda untuk jenjang SMK dan Guru Multi Subyek untuk jenjang SMP dan SMA.

Sebenarnya, kedua program tersebut sejak dulu sudah dipersiapkan oleh Perguruan Tinggi dengan membuka Program Minor atau Sarjana Kedua. Karena belakangan muncul istilah dan aturan Linier, maka Program Minor dihapuskan. Dengan diluncurkan Program Guru Keahlian Ganda dan Program Guru Multi Subyek, kemungkinan Program Minor di Perguruan Tinggi akan dan harus kembali dihidupkan.

Demikian sajian informasi mengenai Program Guru Keahlian Ganda dan Guru Multi Subyek yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Artikel, Info Guru

Thanks for reading Memahami Program Guru Keahlian Ganda dan Guru Multi Subyek. Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami Program Guru Keahlian Ganda dan Guru Multi Subyek"

Your comment for me, please!

Back To Top
close