-->

Cara Menghitung Nilai Akhir dalam PPDB SMP Jalur UN 2018

Cara Menghitung Nilai Akhir dalam PPDB SMP Jalur UN 2018 || Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk Tahun Pelajaran 2018/2019 diatur dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 14 Tahun 2018. Hal yang masih ramai diperbincangkan salah satunya adalah sistem zonasi.

Pemerintah membuat kebijakan sistem zonasi dimaksudkan untuk menghilangkan stigma tentang adanya sekolah pavorit sehingga terjadi penumpukan calon peserta didik terutama yang memiliki Nilai UN tinggi hanya pada sekolah tertentu. Hal tersebut berakibat tidak meratanya kualitas sekolah tertutama yang berada di daerah pinggiran. Untuk itu, di tahun 2018, Sistem Zonasi tetap diberlakukan.

Baca Juga:
Ketentuan Seleksi Jalur Zonasi PPDB SMA 2019 - [klik di sini]

Banyak orang tua Calon Peserta Didik Baru belum memahami cara menghitung Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik (PPDB). Silahkan dibaca Cara Menghitung Skor Zonasi dalam PPDB SMP 2018 - [klikdi sini]

Dalam Jalur Ujian Nasional (UN) ditetapkan bahwa Bobot Skor Zonasi = 30% dan Bobot Nilai UN = 70% sehingga Perhitungan Nilai Akhir Calon Peserta Didik Baru adalah gabungan (Nilai Zona X 30%) + (Nilai UN X 70%).
Nilai Akhir Calon Peserta Didik Baru diurutkan dari yang tertinggi sampai yang terendah. Kemudian berdasarkan Daya Tampung dan Kuota Jalur UN diambil dari yang tertinggi ke bawah sampai sejumlah berdasarkan  Daya Tampung dan Kuota, maka itulah Daftar Calon Peserta Didik yang LULUS, Nilai Akhir terkecil yang diterima biasanya disebut Passing Grade.

Ilustrasi Perhitungan:

Jarak Rumah ke Sekolah sesuai KK 4,6 KM dengan Skor Zona = 25,50
Seoran Calon Peserta Didik Baru memiliki Jumlah Nilai UN SD = 25,83
(25,50  X 30%) + (25,83 X 70%)
(7,65) + (18,08)
25,73

Demikian sajian informasi mengenai Cara Menghitung Nilai Akhir dalam PPDB SMP Jalur UN 2018 yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: PPDB

Thanks for reading Cara Menghitung Nilai Akhir dalam PPDB SMP Jalur UN 2018. Please share...!

4 komentar on Cara Menghitung Nilai Akhir dalam PPDB SMP Jalur UN 2018

  1. Pak...apakah skor zonasi PPDB SMP 2018 tersebut berlaku secara nasional atau tiap daerah punya skor zona yang berbeda-beda

    BalasHapus
  2. setiap daerah memiliki kewenangan membuat Juklak/Juknis, .... di beberapa daerah ada yang membuat rentang skor per 2 km ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Score lbih rendah berarti besar kmungkinan d trima ya pak..

      Hapus
  3. Zonasi jarak yg anda buat untuk kota mana yah?

    BalasHapus

Your comment for me, please!

Back To Top
close