Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA dan SMK 2019

Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA dan SMK  2019 || Ijazah adalah dokumen resmi yang diterbitkan sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dalam jenjang pendidikan / sekolah dan dibagikan setelah lulus. Sekolah yang dimaksud adalah Sekolah Dasar (SD), Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).


Ijazah SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB dan SMK diterbitkan oleh satuan pendidikan yang bersangkutan. Terdapat 3 (tiga) jenis ijazah, yaitu; Ijazah untuk sekolah yang menggunakan Kurikulum 2006, Ijazah untuk sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013 dan Ijazah untuk Satuan Pendidikan Kerja Sama (SPK). Ketiga jenis ijazah tersebut menggunakan kode yang berbeda, yaitu:
  1. DN-01/M-SMA/06/0000013 untuk Kurikulum 2006
  2. DN-01/M-SMA/13/0000028 untuk Kurikulum 2013
  3. DN-01/M-SMA/SPK/0000016 untuk Satuan Pendidikan Kerja Sama
Ijazah terdiri dari dua muka dan dicetak bolak balik sebagai Depan dan Belakang. Bagian depan berisi redaksi  dan identitas sedangkan bagian belakang berisi daftar nilai / hasil ujian. Blanko tersebut diisi menggunakan tulisan tangan dengan huruf yang benar, rapi, jelas, bersih dan mudah dibaca menggunakan tinta berwarna hitam dan dibuat dari bahan yang tidak mudah luntur. Penulisan dilakukan oleh pelaksana yang ditetapkan oleh Kepala Sekolah.

Info Lebih Lengkap; Download Peraturan Direktur Jendeeral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No. 0038/D/HK/2019 tentang Juknis Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA dan SMK. - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA dan SMK 2019 yang dapat disajikan. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA dan SMK 2019. Please share...!

0 Komentar untuk "Petunjuk Teknis (Juknis) Penulisan Ijazah SD, SMP, SMA dan SMK 2019"

Your comment for me, please!

Back To Top
close