Amalan Bulan Puasa Ramadhan yang Sangat Dianjurkan

Amalan Bulan Puasa Ramadhan yang Sangat Dianjurkan || Bulan Puasa atau Bulan Ramadhan adalah bulan Suci yang penuh hikmah dan ampunan. Di bulan Suci Ramadhan, waktu yang tesedia hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk melakukan Amalan tertentu. Selain menjalankan Ibadah Puasa Wajib, berikut Amalan Bulan Puasa Ramadhan yang Sangat Dianjurkan:


1. Membaca Al-Qur’an
Al-Qur’an diturunkan perama kali di bulan Ramadhan. Maka tak heran jika Rasulullah SAW. lebih sering dan lebih banyak membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan dibandingkan di bulan-bulan lain. Imam Az-Zuhri berkata, “Apabila datang Ramadhan, maka kegiatan utama kita selain berpuasa adalah membaca Al-Qur’an.” Bacalah dengan tajwid yang baik dan tadabburi, pahami, dan amalkan isinya. Insya Allah, kita akan menjadi insan yang berkah.

2. Memberikan Makanan Berbuka Puasa
Amal Ramadhan yang juga dianjurkan Rasulullah SAW adalah memberikan santapan berbuka puasa kepada orang-orang yang berpuasa. “Barangsiapa memberi makanan berbuka kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut.” (HR. Turmudzi dan An-Nasa’i)

3. Berdakwah
Selama Ramadhan kita punya kesempatan berdakwah yang luas, karena, siapapun di bulan itu kondisi ruhiyahnya sedang baik sehingga siap menerima nasihat. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Rasulullah SAW bersabda, barangsiapa menunjuki kebaikan, baginya pahala sebagaimana orang yang mengamalkannya tanpa mengurangi pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun.

4. Shalat Tarawih
Ibadah sunnah yang khas di bulan Ramadhan adalah Shalat Tarawih. Rasulullah SAW pernah merasa khawatir karena takut shalat tarawih dianggap menjadi shalat wajib karena semakin hari semakin banyak yang ikut shalat berjamaah di masjid sehingga beliau akhirnya melaksanakan shalat tarawih sendiri di rumah.  Ada yang meriwayatkan beliau melaksanakan shalat tarawih berjamaan hanya tiga hari. Saat itu Rasulullah SAW melakukannya secara berjamaah sebanyak 11 rakaat dengan bacaan surat-surat yang panjang. Tapi, di saat kekhawatiran akan diwajibakannya shalat tarawih sudah tidak ada lagi, Umar bi Khattab menyebutkan jumlah rakaat shalat tarawih adalah 21 atau 23 rakaat (HR. Abdur Razzaq dan baihaqi).

5. I’tikaf
Inilah amaliyah ramadhan yang selalu dilakukan Rasulullah SAW. I’tikaf adalah berdiam diri di masjid dengan niat beribadah kepada Allah swt. Abu Sa’id Al-khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah beri’tikaf pada awal Ramadhan, pertengahan Ramadhan, dan paling sering di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

6. Menyambut Lailatul Qadar
Ada bulan Ramadhan ada satu malam yang istimewa: lailatul qadar, malam yang penuh berkah. Malam itu nilainya sama dengan seribu bulan. Rasulullah SAW amat menjaga-jaga untuk bisa meraih Lailatul Qadar. Maka, Beliau menyuruh kita mencarinya di malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Kenapa? Karena, “Barangsiapa yang shalat pada malam lailatul qadar berdasarkan iman dan ihtissab, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” Begitu kata Rasulullah SAW. yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

7. Melakukan Umrah
Jika Anda punya rezeki cukup, pergilah umrah di bulan Ramadhan. Karena, pahalanya akan berlipat-lipat. Dengan merasakan Ramadhan di Mekkah, pasti setiap orang akan lebih berfokus dan lebih mendekatkan diri kepada Allah.

8. Memperbanyak Taubat
Selama bulan Ramadhan, Allah swt telah membukakan pintu ampunan bagi hamba-hambanya dan setiap malam bulan Ramadhan Allah membebaskan banyak hambaNya dari api neraka. Karena itu, bulan Ramadhan adalah kesempatan emas bagi kita untuk bertaubat kembali ke fitrah kita.

9. Memperbanyak Dzikir
Berdzikir bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun. Oleh karena itu, saat bulan Ramadhan, cobalah memperbanyak berdzikir karena menurut hadist, berdzikir di bulan Ramadhan lebih afdhal dari seribu bacaan tasbih di bulan lainnya.

10. Bersedekah

Bagi umat Muslim, bersedekah merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk membersihkan hartanya. Bersedekah di bulan Ramadhan merupakan amalan Ramadhan yang dilipatgandakan, bisa terbebas dari api negara dan mempermudah jalan menuju surga.

11. Membayar Zakat Fitrah
Zakat fitrah wajib dibayarkan sebelum hari Ramadhan berakhir o
leh umat Islam, baik lelaki-perempuan, dewasa maupun anak-anak. Tujuannya untuk mensucikan orang yang melaksanakan puasa dan untuk membantu fakir miskin.

Demikian sajian informasi mengenai Amalan Bulan Puasa Ramadhan yang Sangat Dianjurkan yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bemanfaat !!!

Labels: Agama

Thanks for reading Amalan Bulan Puasa Ramadhan yang Sangat Dianjurkan. Please share...!

0 Komentar untuk "Amalan Bulan Puasa Ramadhan yang Sangat Dianjurkan"

Your comment for me, please!

Back To Top
close