Mengenal Senjata Militer Buatan Indonesia

Mengenal Senjata Militer Buatan Indonesia || Masyarakat dunia lebih mengenal bahwa Alat Utama Sistem Senjata (ALUTSISTA) Militer dunia bermadzhab ke USA dan Rusia. Akan tetapi di luar itu, ternyata ada Senjata Militer Buatan Indonesia yang diproduksi oleh salah satu BUMN yaitu PT. Pindad (Persero). Berikut disajikan daftar Senjata Militer Buatan Indonesia.

1. Pindad SPM2


Senjata ini kerap disebut General Purpose Machine Gun atau senapan mesin serba guna. Pindad SPM2 merupakan senapan mesin sedang yang diproduksi oleh PT. Pindad Bandung, Indonesia. Senapan mesin standar TNI ini sering dijumpai pada kendaraan tempur TNI ataupun dibawa oleh infanteri. Pindad SPM2 menggunakan peluru kaliber 7.62 x 51mm. Senapan ini memiliki dua varian, yaitu SPM2-V1, dan SPM2-V2.

2. Pindad PM2


Pindad PM2 adalah senjata pistol mitraliur yang diproduksi oleh PT. Pindad. Senapan tersebut dibuat untuk mengatasi serangan teroris dan perang jarak dekat. Namun sayang, pemerintah tidak tertarik untuk membeli senapan tersebut. Justru pasar luar negeri lah yang berminat untuk membeli senjata ini. Pindad PM2 mampu memenuhi kebutuhan senjata untuk perang kota.

3. Pindad P2


Pindad P2 merupakan pistol double action milik PT. Pindad Bandung, Indonesia. Berbeda dengan kakaknya P1 yang menggunakan single action, Pindad P2 dirancang sebagai senjata dengan kemampuan, dan daya tahan yang tinggi. Pindad P2 memakai peluru 9 mm, magazine dengan 15 butir peluru, serta bidikan tritium dot sight.

4. Pindad SG1 12 GAUGE
Pindad SG1 12 GAUGE merupakan shotgun yang dirancang khusus untuk penggunaan sipil, kepolisian, hingga militer. Terdapat dua varian untuk senjata ini, yaitu pompa dan semi-automatic. Pindad SG-1 12 GAUGE dapat menembakkan berbagai amunisi seperti peluru karet, gas air mata, peluru konvensional, hingga slug peledak. Pindad SG-1 12 GAUGE mempunyai berat 2.85 kg dan radius tembak 100 meter.

5. Pindad G2 ELITE


Pindad G2 ELITE Kal. 9 mm merupakan pistol single action yang dibuat oleh PT. Pindad, Indonesia. Pistol ini dilengkapi dengan peluru 9 mm, dan jumlah kapasitas magazine 15. Pindad G2 ELITE Kal. 9 mm memiliki berat 1.05 kg dan jarak efektif sejauh 25 meter.

6. Pindad SS1


SS1 merupakan singkatan dari Senapan Serbu 1. Pindad SS1 yang diproduksi oleh PT. Pindad Bandung, Indonesia ini banyak digunakan oleh Polri dan TNI. Senjata ini menggunakan peluru kaliber 5.56 x 45 mm standar NATO dan mempunyai berat 4.01 kg. Senjata ini memiliki jarak efektif sejauh 400 meter.

7. Pindad SS2


Senjata ini merupakan generasi kedua dari senapan serbu SS1. Atau dapat dikatakan bahwa Pindad SS2 adalah adik dari Pindad SS1. Senjata ini mempunyai desain yang lebih ergonomis, tahan terhadap tingkat kelembaban tinggi, serta akurasi yang lebih baik. Pindad SS2 menggunakan peluru kaliber 5.56 x 45 mm standar NATO dan mempunyai berat sekitar 3.2 kg.

8. Pindad SS3


Senjata ini merupakan generasi ketiga dari senapan serbu SS1 dan SS2. Mengadopsi amunisi kaliber 7,62 mm, SS3 ini diharapkan jadi pesaing dari senjata laras panjang sejenis yaitu Kalashnikov atau AK-47. Tembakkan kecepatan pelurunya atau yang lebih dikenal dengan ROF (rate of fire) bisa antara 740-810 per menit dan bisa disetting jadi senjata otomatis dan semi otomatis sesuai kebutuhan serta daya jangkau tembaknya 400 meter (mekanikal), sementara dengan optical jarak tembak bisa mencapai 800 meter..

9. Pindad SMB-1
Pindad SMB-1 Kal. 12.7 mm merupakan machine gun yang diproduksi oleh PT. Pindad Bandung, Indonesia. Senjata ini memiliki berat 38 kg dan menggunakan peluru kaliber 12.7 mm. Pindad SMB-1 Kal 12.7 mm ini juga dilengkapi dengan tripod dan mempunyai jarak efektif sejauh 1850 meter.

10. Pindad SPR-2
Pindad SPR-2 merupakan senapan tembakan tunggal yang dihasilkan oleh PT. Pindad. Senjata ini dilengkapi dengan a malt baffle muzzle brake yang berfungsi untuk mengurangi kekuatan hentakan. Pindad SPR-2 menggunakan peluru kaliber 12.7 x 99 mm dan memiliki berat 19.5 kg. Senjata yang dilengkapi dengan optical sight ini memiliki jarak efektif sejauh 2000 meter. Senjata ini mampu menembus tank baja yang terkenal sangat tebal lho.

11. Pindad SPR-3
Pindad SPR-3 merupakan Sniper yang dirancang dan didedikasikan untuk jaminan akurasi, kehandalan, pemeliharaan yang mudah, serta ketahanan militer. Pindad SPR-3 dilengkapi dengan Telescope Sight 10x5 dan peredam (termasuk amunisi subsonic). Senjata ini menggunakan peluru kaliber 7.62 x 51 mm dan memiliki berat sekitar 6.94 kg.

12. Pindad SKPK
Pindad SKPK merupakan sub machine gun yang menggunakan peluru kaliber 7 x 21 mm. Senjata hasil produksi PT. Pindad Bandung, Indonesia ini memiliki berat 2.55 kg dan jarak efektif sejauh 50 meter.

13. Pindad SB-1
Pindad SB-1 V1 merupakan rifles yang diproduksi oleh PT. Pindad Bandung, Indonesia. Senjata ini menggunakan puluru kaliber 7.62 x 45 mm dan memiliki berat sekitar 3.95 kg. Senjata yang dilengkapi dengan Telescope Sight ini memiliki jarak efektif sejauh 300 meter.

14. Pindad SAR-2
Pindad SAR-2 merupakan Grenade Launcher double action milik PT.Pindad, Indonesia. Senjata ini mempunyai berat sekitar sekitar 2.36 kg dan menggunakan peluru kaliber 38 mm. Pindad SAR-2 memiliki jarak efektif sejauh 125 meter.

15. Pindad R1

Pindad R1merupakan pistol Single Action & Double Action yang diproduksi oleh PT. Pindad, Indonesia. Dengan menggunakan peluru kaliber 0.38 special, senjata ini memiliki kapasitas peluru sebanyak 6. Pindad R1-V1 memiliki berat sekitar 1015 gram dengan grips yang terbuat dari kayu.

16. Pindad SSX

Senapan ini menggunakan peluru dengan kaliber 7,62×51 mm tidak hanya itu, keunggulan SSX lainnya adalah soal jarak tembak ideal yang diadopsi. SSX memiliki jarak tembak efektif (effective range) 600-800 meter. Senapan SSX ini dirancang dengan menggunakan method reverse engineering, yang artinya senjata dibuat dari gabungan sejumlah produk persenjataan hasil kerjaan Pindad maupun non-Pindad. Misalnya saja rumah mekanik dan penutup diambil dari SS1.

17. Pindad SSBA


Bersama dengan Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang) TNI AL, PT Pindad mengembangkan senapan canggih lainnya, yakni Senapan Serbu Bawah Air (SSBA).  Senjata ini dirancang guna mendukung pertempuran atau pencegatan musuh baik di darat, maupun di kedalaman air. SSBA menggunakan peluru berkaliber 5,66X150 milimeter dengan bobot 4,5 kilogram. Ia mampu memuntahkan 20 butir peluru dalam satu magasen. Tembakan efektifnya yakni berjarak antara 20-30 meter (untuk kedalaman 5 meter), 10-20 meter (kedalaman 20 meter) dan 5-10 meter (kedalaman 40 meter).

Demikian sajian informasi mengenai Senjata Militer Buatan Indonesia yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bemanfaat !!!

Labels: Buatan Indonesia

Thanks for reading Mengenal Senjata Militer Buatan Indonesia. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal Senjata Militer Buatan Indonesia"

Your comment for me, please!

Back To Top
close