Mengenal Belva Devara; Pendiri dan CEO Bimbel Online RuangGuru

Mengenal Belva Devara; Pendiri dan CEO Bimbel Online RuangGuru || Belva Devara yang memilik nama lengkap Adamas Belva Syah Devara, lahir di Jakarta 30 Mei 1990. Belva Devara menempuh pendidikan menengah pertama di SMP Islam Al Azhar 8, dan pendidikan menengah atas di SMA Presiden. Pada tahun 2007, Belva Devara terpilih menjadi salah satu dari delapan siswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah Singapur untuk melanjutkan studinya ke Nanyang Technological University, Singapura. Ia merupakan orang Indonesia pertama yang diterima di program gelar ganda dalam program studi Ilmu Komputer dan Bisnis di Nanyang Technological University. Pada tahun 2009, ia terpilih oleh universitas untuk ikut serta dalam program pertukaran pelajar ke University of Manchester, Manchester, Inggris.

Tahun 2011, Belva Devara berhasil meraih tiga medali emas prestisius dari Nanyang Technological University;
  1. Lee Kuan Yew Gold Medal, (penghargaan tertinggi bagi mahasiswa di universitas), 
  2. Infocomm Development Authority of Singapore Gold Medal (penghargaan bagi peraih nilai akademis tertinggi di program studi Ilmu komputer),
  3. Accenture Gold Medal (penghargaan bagi peraih nilai akademis tertinggi di program studi Bisnis).
Atas prestasinya, Belva Devara mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan berpengaruh di Singapura, Goldman Sachs dan Accenture. Selain prestasi akademis, Belva juga aktif dalam kegiatan organisasi. Ia dipercaya untuk menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Perhimpunan Pelajar Indonesia Singapura dan dinobatkan menjadi Young Leader for Indonesia 2011 oleh McKinsey & Company.

Seusai studi sarjananya di Singapura, Belva Devara memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan memutuskan untuk bekerja di Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di bawah kepemimpinan Kuntoro Mangkusubroto, dan sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company. Selama menjalani pekerjaannya mendapat penghargaan Client First Award sebagai salah satu konsultan manajemen terbaik di Asia Tenggara pada tahun 2012.

Pada 2013, Belva Devara melanjutkan pendidikan pascasarjana dan menjadi orang Indonesia pertama yang diterima di program gelar ganda di Harvard University, Cambridge, Massachusetts dan Stanford University, Palo Alto, California sekaligus, Di Harvard University mengambil jurusan Master of Public Administration (Kebijakan Publik), sedangkan di Stanfor University, mengambil jurusan Master of Business Administration (Bisnis Manajemen). Untuk program pascasarjana di Amerika Serikat ini, ia berhasil mendapatka beasiswa penuh dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), yang dikelola oleh Kementerian Keuangan dan dikenal sebagai salah satu alumni penerima beasiswa LPDP yang telah berkontribusi untuk kemajuan tanah air lewat kiprahnya di dunia teknologi pendidikan.

Tahun 2014, Belva Devara, bersama rekannya Muhammad Iman Usman  mendirikan RuangGuru, sebuah startup teknologi bidang pembelajaran dan pendidikan. Dan setelah lulus dari program gelar ganda di Amerika Serikat, tahun 2016, Belva Devara memutuskan untuk fokus dalam perbaikan pendidikan di Indonesia, menjabat sebagai posisi Direktur Utama di RuangGuru. Di bawah kepemimpinannya, bersama Muhammad Iman Usmanhanya dalam setahun, RuangGuru berkembang pesat lima kali lipat dan menjadi perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Indonesia, menjangkau lebih dari 10 juta siswa dan 150.000 guru.

Belva Devara telah menerima berbagai penghargaan nasional dan internasional atas kepemimpinannya membangun RuangGuru, dan aktif berbicara di forum nasional dan internasional di lima benua, termasuk pada Global Education Technology (GET) Summit 2017 di Beijing, World Economic Forum on ASEAN 2018 di Hanoi, dan Mobile World Congress 2018 di Barcelona. Pada tahun 2017, Belva Devara mmendapatkan penghargaan prestisius menjadi salah satu dari 30 pemuda di bawah umur 30 tahun tersukses dalam bidang kewirausahaan teknologi di Asia oleh Forbes Magazine.

Demikian sajian informasi mengenai Belva Devara; Pendiri dan CEO Bimbel Online RuangGuru yang dapat disampaikan. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Sosok dan Motivasi

Thanks for reading Mengenal Belva Devara; Pendiri dan CEO Bimbel Online RuangGuru. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal Belva Devara; Pendiri dan CEO Bimbel Online RuangGuru"

Your comment for me, please!

Back To Top
close