Inilah Batas Usia Calon Siswa TK, SD, SMP dan SMA/SMK

Inilah Batas Usia Calon Siswa TK, SD, SMP dan SMA/SMK || Pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) TK, SD, SMP dan SMA/SMK di antaranya mengatur tentang Batas Usia Maksimal Calon Siswa TK, SD, SMP dan SMA/SMK. Berikut disajikan persyaratan batas usia masuk TK,SD, SMP dan SMA/SMK sebagaimana diatur dalam Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018.

Batas Usia Masuk TK
  • 4 (empat) tahun sampai dengan 5 (lima) tahun untuk kelompok A; dan
  • 5 (lima) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun untuk kelompok B.
Batas Usia Masuk SD
  • 7 (tujuh) tahun; atau
  • paling rendah 6 (enam) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan.
Dengan penegasan khusus:
  1. Sekolah wajib menerima peserta didik yang berusia 7 (tujuh) tahun.
  2. Pengecualian syarat usia paling rendah 6 (enam) tahun yaitu paling rendah 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan pada tanggal 1 Juli tahun berjalan yang diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa dan kesiapan psikis yang dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog profesional.
  3. Dalam hal psikolog profesional sebagaimana dimaksud tidak tersedia, rekomendasi dapat dilakukan oleh dewan guru Sekolah.
Batas Usia Masuk SMP
berusia paling tinggi 15 (lima belas) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan; 

Batas Usia Masuk SMA/SMK
berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan; 

Syarat batas usia sebagaimana dimaksud untuk masuk TK, SD, SMP, dan SMA/SMK dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah/kepala desa setempat sesuai dengan domisili calon peserta didik.

Demikian sajian informasi mengenai Batas Usia Calon Siswa TK, SD, SMP dan SMA/SMK yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga sajian berikut ini bermanfaat !!! ...
Inilah Batas Usia Calon Siswa TK, SD, SMP dan SMA/SMK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Toz Sugianto

Post a Comment

Your comment for me, please!