Cara Menentukan Kelulusan Tes Seleksi CPNS 2018

Cara Menentukan Kelulusan Tes Seleksi CPNS 2018 || Di penghujung tahun 2018 ini, pemerintah kembali membuka Pendaftaran Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Aparatur Sipil Negara (ASN). Kesempatan ini disambut begitu antusias oleh banyak kalangan sehingga secara umum pendaftar membludak di luar perkiraan panitia. Dalam Penerimaan CPNS 2018 ini terdapat beberapa hal yang baru terkait dengan jalur pendaftaran, persyaratan, mekanisme pendaftaran, passing grade seleksi kemampuan dasar, sistem persaingan dan penentuan kelulusan.

Cara Menentukan Kelulusan Tes Seleksi CPNS 2018 dimulai dari mekanisme pendaftaran dan sistem persaingan. Terkait dengan hal ini ada dua hal yang dapat dijelaskan.
  1. Pendaftaran CPNS 2018 dilakukan sampai dengan formasi, kuota dan unit kerja. Contoh; Guru Kelas SD – kuota 2 – SDN Harapan Pagi Jakarta Selatan.
  2. Pelamar / Pendaftar CPNS yang mengambil formasi Guru Kelas SD di SDN Harapan Pagi Jakarta Selatan, hanya akan bersaing dengan sesama Pelamar / Pendaftar CPNS pada formasi unit kerja yang sama meskipun di Jakarta Selatan sebenarnya terdapat 80 formasi Guru Kelas SD secara keseluruhan.
Sehubungan dengan hal tersebut dan Peraturan Menteri PANRB No. 37 Tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas (passing grade) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Pengadaan CPNS 2018 maka Cara Menentukan Kelulusan Tes Seleksi CPNS 2018 adalah sebagai berikut.
  1. Peserta / Pendaftar CPNS wajib Mencapai Passing Grade yang telah ditetapkan.
  2. Peserta yang telah mencapai Passing Grade hanya akan diambil 3 orang untuk setiap 1 kuota formasi dengan cara diurut nilai tertinggi untuk kemudian dilakukan seleksi lanjutan. Contoh jika di SDN Harapan Pagi Jakarta Selatan terdapat 2 kuota maka akan diambil 6 peserta yang lulus SKD.
  3. Peserta wajib mengikuti seleksi lanjutan atau Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
  4. Nilai SKD dan Nilai SKB digabungkan, kemmudian diurut berdasarkan nilai tertinggi untuk ditentukan sebagai Peserta Lulus berdasarka kuota yang dibutuhkan.
Demikian sajian informasi mengenai Cara Menentukan KelulusanTes Seleksi CPNS 2018 yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga sajian yang berikut ini bermanfaat !!!
Loading...
Labels: Info CPNS

Terima kasih telah membaca Cara Menentukan Kelulusan Tes Seleksi CPNS 2018. Silahkan berbagi jika bermanfaat !!! ...

0 Comment for "Cara Menentukan Kelulusan Tes Seleksi CPNS 2018"

Your comment for me, please!

Back To Top