-->

Panduan Pembelajaran Aktif Sekolah Menengah Atas (SMA)

Panduan Pembelajaran Aktif Sekolah Menengah Atas (SMA) || Panduan ini disusun dengan maksud untuk memberikan penjelasan praktis mengenai pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Proses  pendidikan Dasar dan Menengah. Dalam Standar Proses tersebut dinyatakan bahwa pembelajaran menerapkan Pendekatan Saintifik yang didukung oleh berbagai metode pembelajaran seperti Inquiry/Discovery Learning, Problem-Based Learning, dan Project-Based Learning.

Ketika di seluruh satuan pendidikan termasuk di Sekolah Menengah Atas (SMA) proses pembelajaran bergeser dari peserta didik diberi tahu menuju peserta didik mencari tahu, dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar, dan dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang demikian, pembelajaran dengan metode saintifik yang didukung oleh berbagai metode pembelajaran seperti Inquiry/Discovery Learning, Problem-Based Learning, dan Project-Based Learning perlu diterapkan. Walaupun pendekatan dan/atau metode-metode tersebut telah lama dikenal oleh guru-guru di Indonesia, penerapannya di dalam kelas masih belum optimal, terutama pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Agar pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat terselenggara dengan baik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Panduan Pembelajaran Sekolah Menengah Atas (SMA) dan telah diberikan pada saat Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 kepada guru sasaran dan kepala sekolah. Dalam rangka melegkapi ketersediaan referensi bagi Guru Sekolah Menengah Atas (SMA), berikut disajikan Panduan Pembelajaran Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dapat didownload dengan mudah untuk dipelajari dan dijadikan Panduan pembelajaran.

DOWNLOAD;
Panduan Pembelajaran SMA - [klikdi sini]
Panduan Penilaian oleh Satuan Pendidikan SMA - [klikdi sini]

Direkomendasikan;
Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu SD - [klikdi sini]
Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK SD - [klikdi sini]
Panduan Pembelajaran SMP - [klikdi sini]

Demikian sajian informasi mengenai Panduan Pembelajaran Aktif Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga yang berikut ini bermanfaat untuk semua .....

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Panduan Pembelajaran Aktif Sekolah Menengah Atas (SMA). Please share...!

0 Komentar untuk "Panduan Pembelajaran Aktif Sekolah Menengah Atas (SMA)"

Your comment for me, please!

Back To Top
close