Panduan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Panduan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama (SMP) || Panduan ini disusun dengan maksud untuk memberikan penjelasan praktis mengenai pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Proses  pendidikan Dasar dan Menengah. Dalam Standar Proses tersebut dinyatakan bahwa pembelajaran menerapkan Pendekatan Saintifik yang didukung oleh berbagai metode pembelajaran seperti Inquiry/Discovery Learning, Problem-Based Learning, dan Project-Based Learning.

Ketika di seluruh satuan pendidikan termasuk di Sekolah Menengah Pertama (SMP) proses pembelajaran bergeser dari peserta didik diberi tahu menuju peserta didik mencari tahu, dari guru sebagai satu-satunya sumber belajar menjadi belajar berbasis aneka sumber belajar, dan dari pendekatan tekstual menuju proses sebagai penguatan penggunaan pendekatan ilmiah. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang demikian, pembelajaran dengan metode saintifik yang didukung oleh berbagai metode pembelajaran seperti Inquiry/Discovery Learning, Problem-Based Learning, dan Project-Based Learning perlu diterapkan. Walaupun pendekatan dan/atau metode-metode tersebut telah lama dikenal oleh guru-guru di Indonesia, penerapannya di dalam kelas masih belum optimal, terutama pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Agar pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dapat terselenggara dengan baik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Panduan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan telah diberikan pada saat Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 kepada guru sasaran dan kepala sekolah. Dalam rangka melegkapi ketersediaan referensi bagi Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP), berikut disajikan Panduan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama(SMP) yang dapat didownload dengan mudah untuk dipelajari dan dijadikan Panduan pembelajaran.

DOWNLOAD;
Panduan Pembelajaran SMP - [klik di sini]
Panduan Penilaian oleh Satuan Pendidikan SMP - [klik di sini]

Direkomendasikan;
Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu SD - [klik di sini]
Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK SD - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Panduan Pembelajaran SekolahMenengah Pertama (SMP) yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga yang berikut ini bermanfaat untuk semua .....

Labels: Kurikulum, Pendidikan

Thanks for reading Panduan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama (SMP). Please share...!

0 Komentar untuk "Panduan Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama (SMP)"

Your comment for me, please!

Back To Top
close