Panduan Penilaian Pembelajaran Tematik Integratif Sekolah Dasar (SD)

Panduan Penilaian Pembelajaran Tematik Integratif Sekolah Dasar (SD) || Implementasi Kurikulum 2013 merupakan kebijakan baru untuk menghidupkan kembali aktivitas dan kreativitas peserta didik dan pendidik yang telah lama melaksanakan kebijakan pembelajaran klasik yaitu teacher centre. Dengan adanya kebijakan tersebut, pendidik dan peserta didik berada pada masa transisi (dari sistem pembelajaran paradigma lama ke paradigma baru). Hal ini berarti pula mereka dalam posisi “kebingungan” (doubtfulness) mengenai apa yang harus diajarkan dan bagaimana mengajarkan, serta apa yang harus diujikan/dinilai dan bagaimana cara menilainya.

Tujuan penilaian pendidikan dapat dibagi menjadi tiga kategori utama, yaitu: penilaian sumatif (misalnya untuk tujuan sertifikasi, seleksi, promosi / kenaikkan kelas, dan prediksi), penilaian formatif (misalnya untuk diagnosis), dan penilaian evaluatif (misalnya untuk tujuan akuntabilitas) (Black and Wiliam, 1998). Penilaian formatif di kelas yang bertujuan untuk membuat professional judgment (berdasarkan suatu kriteria) mengenai kualitas kerja peserta didik serta mendesain/merencanakan langkah/aktivitas selanjutnya untuk perbaikan aktivitas pembelajaran.

Agar pendidik memiliki pemahaman dan persepsi yang sama dalam melakukan penilaian di kelas, Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik), Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya telah menyusun Panduan Penilaian PembelajaranTematik Integratif Sekolah Dasar (SD).

Panduan Penilaian Pembelajaran Tematik Integratif SekolahDasar (SD) ini disusun untuk membantu pendidik dalam mengembangkan instrumen penilaian tematik integratif pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang meliputi:
  1. Memberi pemahaman kepada pendidik tentang penilaian dalam pendidikan, penilaian dalam pembelajaran, dan penilaian tematik integratif dalam pembelajaran;
  2. Membantu pendidik dalam merancang dan mengembangkan berbagai bentuk instrumen penilaian berbasis kelas untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik dalam pembelajaran tematik integratif; dan
  3. Memberi contoh kepada pendidik dalam mengembangkan berbagai bentuk penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
DOWNLOAD;
Buku Panduan Penilaian Pembelajaran Tematik Integratif SD - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Panduan Penilaian Pembelajaran Tematik Integratif Sekolah Dasar (SD) yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga yang berikut ini bermanfaat untuk Anda ...

Labels: Kurikulum, Pendidikan

Thanks for reading Panduan Penilaian Pembelajaran Tematik Integratif Sekolah Dasar (SD). Please share...!

0 Komentar untuk "Panduan Penilaian Pembelajaran Tematik Integratif Sekolah Dasar (SD)"

Your comment for me, please!

Back To Top
close