-->

Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar (SD)

Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar (SD) || Keterpaduan menjadi salah satu ciri Kurikulum 2013. Kurikulum terpadu yang dimaksud adalah kurikulum yang menghubungkan berbagai disiplin ilmu dalam bentuk keterpaduan. Kompetensi-kompetensi yang akan dicapai berdasarkan mata pelajaran dihubungkan dalam satu jaringan kompetensi untuk menjelaskan suatu konteks yang menggambarkan keterpaduan. Ada berbagai bentuk keterpaduan yang terdiri atas dua kelompok besar, yaitu keterpaduan materi dan keterpaduan kompetensi atau capaian pembelajaran.

Keterpaduan Materi Pembelajaran; Keterpaduan materi pelajaran terdiri atas keterpaduan di dalam mata pelajaran, antarmata pelajaran, dan di luar mata pembelajaran. Keterpaduan tersebut menggunakan pendekatan intradisipliner, multidisipliner, interdisipiliner, dan transdisipliner.

Keterpaduan Capaian Pembelajaran; Sejalan dengan Kurikulum 2013 yang memuat kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, keterpaduan capaian pembelajaran diimplementasikan dalam proses pembelajaran yang bertujuan mencapai tiga kompetensi tersebut secara utuh.

Itulah Panduan Tematik Terpadu yang harus dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD). Secara Umum memiliki batasan-batasan seperti berikut:
  1. Pembelajaran tematik terpadu dilaksanakan dengan prinsip keterpaduan yang menggunakan tema sebagai pemersatu.
  2. Kegiatan pembelajaran memadukan Kompetensi Dasar dari beberapa muatan pelajaran sekaligus dalam satu kali tatap muka.
  3. Pembelajaran tematik terpadu bermanfaat untuk memberikan pengalaman yang bermakna bagi peserta didik, karena saat peserta didik memahami berbagai konsep dapat melalui pengalaman langsung dan menghubungkan dengan konsep lain yang telah dikuasai sebelumnya.
  4. Tematik terpadu disusun berdasarkan gabungan proses integrasi.
Agar pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar (SD) dapat terselenggara dengan baik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar (SD) dan diberikan pada saat Bimbingan Teknis Kurikulum 2013 kepada guru sasaran dan kepala sekolah. Dalam rangka melegkapi ketersediaan referensi bagi guru SD, berikut disajikan Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar (SD) yang dapat didownload dengan mudah untuk dipelajari dan dijadikan pedoman pembelajaran.

DOWNLOAD;
Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu SD - [klik disini]
Panduan Penilaian Satuan Pendidikan SD - [klik di sini]

Direkomendasikan;
Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK SD - [klik di sini]
Panduan Pembelajaran SMP - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar (SD) yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga yang berikut ini bermanfaat untuk semua .....

Labels: Kurikulum, Pendidikan

Thanks for reading Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar (SD). Please share...!

0 Komentar untuk "Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu Sekolah Dasar (SD)"

Your comment for me, please!

Back To Top
close