Panduan Penilaian oleh Satuan Pendidikan Sekoah Menengah Atas (SMA)

Panduan Penilaian oleh Satuan Pendidikan Sekoah Menengah Atas (SMA) || Hasil kajian pelaksanaan Kurikulum 2013 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam perencanaan, pelaksanaan, pengolahan, pemanfaatan dan pelaporan penilaian. Pada perencanaan penilaian, pendidik kesulitan merumuskan indikator instrumen penilaian, menentukan teknik penilaian yang tepat sesuai dengan kompetensi dasar yang diajarkan, mengembangkan butir-butir instrumen penilaian dan rubrik penilaian. Pada pelaksanaan penilaian, pendidik kesulitan melakukan penilaian sikap dengan berbagai teknik penilaian dalam waktu yang terbatas. Pendidik juga mengalami kesulitan dalam mengolah dan mendeskripsikan capain hasil penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Panduan Penilaian oleh Satuan Pendidikan Sekoah Menengah Atas (SMA) merupakan rambu-rambu bagi para pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta menjadi pedoman untuk merencanakan, melaksanakan, mengolah, dan membuat laporan hasil penilaian secara akuntabel dan informatif.

  1. Acuan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, mengembangkan instrumen, melaksanakan, dan mengolah serta melaporkan hasil penilaian.
  2. Acuan pendidik dan satuan pendidikan dalam menerapkan program remedial dan program pengayaan.
  3. Acuan kepala sekolah, pengawas, dan pemangku kepentingan dalam memberikan pembinaan kepada pendidik.
  4. Acuan orangtua dalam memahami hasil penilaian dalam buku rapor peserta didik
Panduan Penilaian Sekoah Menengah Atas (SMA) mencakup konsep penilaian; penilaian oleh pendidik yang meliputi penilaian aspek sikap, penilaian aspek pengetahuan, dan penilaian aspek keterampilan; dan penilaian oleh satuan pendidikan.

DOWNLOAD; Panduan Penilaian oleh Satuan Pendidikan Sekoah Menengah Atas (SMA) - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Panduan Penilaian oleh Satuan Pendidikan Sekoah Menengah Atas (SMA) yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga yang berikut ini bermanfaat untuk Anda ...

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Panduan Penilaian oleh Satuan Pendidikan Sekoah Menengah Atas (SMA). Please share...!

0 Komentar untuk "Panduan Penilaian oleh Satuan Pendidikan Sekoah Menengah Atas (SMA)"

Your comment for me, please!

Back To Top
close