-->

Download Gratis Buku Kerja Kepala Sekolah

Kepala Sekolah memegang fungsi dan peran yang sangat luar biasa penting dalam kegiatan sebuah sekolah. Kepala Sekolah dituntut bekerja secara profesional dalam berbagai bidang yang menjadi tugas pokok dan fungsinya. Kepala Sekolah yang profesional adalah kepala sekolah yang dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya mengacu pada ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah yang meliputi meliputi: dimensi kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan, dan kompetensi sosial.

Untuk mendukung dan sebagai panduan kerja Kepala Sekolah, Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyusun Buku Kerja Kepala Sekolah. Dalam buku ini, di bahas beberapa hal, mulai dari bagaimana menjadi Kepala Sekolah yang profesional, penjelasan tentang kepala sekolah sebagai pemimpin profesional, ciri-ciri kepala sekolah profesional. selain itu juga dikupas bagaimana peranan kepemimpinan kepala sekolah profesional, tugas pokok dan fungsi kepala sekolah dalam perencanaan program, pelaksanaan rencana kerja, pengawasan dan evaluasi, kepemimpinan sekolah serta pembahasan mengenai sistem informasi manajemen dan tahapan kegiatan kepala sekolah.

Pada buku tersebut mencantumkan beberapa lampiran berupa format-format penting yang berkaitan dengan kinerja kepala sekolah, lampiran tersebut terdiri dari:
  1. Contoh Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah.
  2. Contoh Format Rencana Kerja Jangka Menengah, Rencana Kerja Tahunan, Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah, Program Prioritas.
  3. Contoh Struktur Organisasi Sekolah.
  4. Contoh Kelengkapan Administrasi Kepala Sekolah.
  5. Contoh Petunjuk Teknis Pengembangan Diri Peserta Didik.
  6. Contoh Kalender Pendidikan Sekolah.
  7. Perencanaan Program Induksi.
  8. Contoh Pedoman Kerja Sekolah.
  9. Kode Etik Guru Indonesia.
  10. Contoh Sistematika Pengembangan KTSP.
  11. Contoh Format Program Supervisi dan Evaluasi Kinerja.
  12. Contoh Analisis Kebutuhan Tenaga Pendidik dan Kependidikan.
  13. Contoh MoU Kemitraan.
  14. Contoh Pedoman Akademik.
  15. Contoh Penulusuran Alumni/Tamatan.
  16. Contoh Format Pendayagunaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  17. Contoh Kode Etik Warga Sekolah.
  18. Contoh Tata Tertib Peserta Didik.
  19. Contoh Format Laporan Bulan Kepala Sekolah.
  20. Manajemen Sekolah dalam Foto.
Selengkapnya, untuk mendapatkan Buku Kerja Kepala Sekolah dapat langsung didownload dengan KLIK di SINI.

Demikian sajian Buku Kerja Kepala Sekolah, mudah-mudahan menjadi pelengkap referensi dalam mendukung semakin baiknya kinerja kepala sekolah yang beran sentral dalam kemajuan sebuah sekolah. Semoga Bermanfaat !!! ....


Labels: Pendidikan

Thanks for reading Download Gratis Buku Kerja Kepala Sekolah. Please share...!

Back To Top
close