Mengenal Lebih Jelas Hong Kong; Negara Atau Bukan ?

Mengenal Lebih Jelas Hong Kong; Negara Atau Bukan ?  || Wilayah Hong Kong diperkirakan sudah mula ditinggali manusia sejak zaman Neolitiku namun baru dikenal secara luas saat Hong Kong diserahkan kepada Britania Raya setelah Perang Opium pada abad ke-19. Sebelumnya pada 1513, pelaut Portugis Jorge Álvares, menjadi orang Eropa pertama yang mengunjungi Hong Kong.

Setelah kekalahan Tiongkok di Perang Opium Pertama (1839 42) dari Kerajaan Inggris, Hong Kong menjadi koloni Inggris dengan diserahkannya Pulau Hong Kong, kemudian diikuti Semenanjung Kowloon tahun 1860 dan penyewaan 99 tahun New Territories tahun 1898. Setelah diduduki oleh Jepang selama Perang Dunia II (1941-45), Inggris kembali mengontrol Hongkong hingga 30 Juni 1997. Sebagai hasil dari negosiasi antara Tiongkok da  Inggris, Hong Kong diserahkan ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT) / China melalui Deklaratasi Bersama Sino-Inggris tahun 1984. Kota ini menjadi Daerah Administratif Khusus pertama di Tiongkok melalui azas "satu negara, dua sistem".

Bahasa di Hong Kong adalah Kantonis dan Inggris serta masyarakatnya lebih senang disebut orang Kanton daripada orang Cina. Hong Kong menjadi pusat perekonomian dunia dan sering dibandingkan dengan Singapura karena ukuran negaranya yang sama-sama kecil, berpenduduk padat dan akomodasi yang super mahal. Hong Kong juga terkenal dengan julukan Asia’s World City (Kota Asia Dunia), kota gemerlap dengan gedung-gedung pencakar langit, pusat bisnis, dan perdagangan dunia, shopping dan fashion, Disneyland, dan industri perfilman. Hong Kong juga menjadi tempat yang menghubungkan dunia barat dengan Tiongkok.  

Tahun 2014, Hong Kong sempat bergejolak dengan hadirnya protes Revolusi Payung di bawah pimpinan Joshua Wong yang ditakuti Beijing. Warga Hong Kong melakukan demonstrasi besar-besaran menginginkan hak demokratis untuk memilih pemimpin baru mereka tanpa intervensi Tiongkok. Sampai saat ini sikap anti-Tiongkok oleh generasi muda Hong Kong masih tetap berlanjut.

Hong Kong merupakan negara semimerdeka dengan nama resminya Hong Kong Special Administrative Region (Daerah Administratif Khusus Hong Kong). Hong Kong juga sering disebut sebagai negara dalam negara di Republik Rakyat Tiongkok (RRT) / China. Makanya, Hong Kong memiliki sistem negara sendiri, mulai dari bendera negara, lambang negara, mata uang Hong Kong Dolar (HKD), paspor, dan menganut sistem ekonomi kapitalis. Hong Kong juga memiliki kepolisian sendiri, namun tidak memiliki tentara, karena pertahanan dan juga politik luar negeri yang masih dikendalikan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) / China.

Demikian sajian informasi mengenai Hong Kong; Negara Atau Bukan ? yang dapat disajikan pada kesempatan ini. Semoga sajian berikut bermanfaat ....

Labels: Berita Umum, Sejarah

Thanks for reading Mengenal Lebih Jelas Hong Kong; Negara Atau Bukan ?. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal Lebih Jelas Hong Kong; Negara Atau Bukan ?"

Your comment for me, please!

Back To Top
close