Mengenal Lebih Jelas Negara TAIWAN

Mengenal Lebih Jelas Negara TAIWAN || Taiwan atau nama resmi negaranya adalah Republic of China atau juga sering disebut China Taipei dan dalam bahasa Indonesia disebut Republik Tiongkok. Taiwan adalah sebuah negara di Asia Timur yang saat ini menguasai daerah kepulauan Taiwan, Kepulauan Pescadores, Quemoy, dan Kepulauan Matsu. Kata "Taiwan" biasanya digunakan untuk merujuk kepada Republik Tiongkok secara keseluruhan, sementara istilah "Tiongkok" merujuk kepada Republik Rakyat Tiongkok atau China, yang menguasai Tiongkok Daratan, Hong Kong dan Makau. Republik Tiongkok (Taiwan) berbeda dengan Republik Rakyat Tiongkok (China). Walaupun Republik Tiongkok adalah  nama resmi negara ini, perkataan Tiongkok itu sendiri sekarang biasanya merujuk kepada Tiongkok Daratan atau China.

Pulau utama Taiwan, juga dikenal sebagai Formosa (dari bahasa Portugis; Ilha) Formosa, yang berarti "(pulau yang indah"), terletak di Asia Timur sebelah pantai Tiongkok Daratan, sebelah barat daya kepulauan utama Jepang tetapi sebelah barat langsung dari ujung Kepulauan Ryukyu Jepang dan sebelah barat laut utara Filipina. Pulau ini dihubungkan ke timur oleh Samudera Pasifik, ke selatan oleh Laut Tiongkok Selatan dan Selat Luzon, ke barat oleh Selat Taiwan dan ke utara oleh Laut Tiongkok Timur.

Taiwan bukanlah negara yang merdeka seutuhnya atau negara dengan pengakuan terbatas. Negara ini bisa disebut sebagai negara yang dipersengketakan, statusnya sama dengan Kosovo dan Palestina. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sendiri tidak mengakui Taiwan sebagai sebuah negara dan di Indonesia juga tidak memiliki hubungan diplomatik serta tidak ada Kedutaan Besar Taiwan di Indonesia serta sebaliknya. Ketika berurusan dengan Taiwan, berbagai kerja sama seperti pendidikan, ekonomi, ketenagakerjaan atau pengurusan visa harus melalui Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (Taipei Economic and Trade Office) di Jakarta.

Sebenarnya, Pemerintah Republik Tiongkok / Taiwan adalah salah satu pendiri utama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan pernah menjadi salah satu anggota tetap Dewan Keamanan. Akan tetapi, pada tahun 1971 "ditendang" keluar dari PBB dan digantikan oleh RRT / China. Kini, Taiwan hanya menghendaki menjadi anggota PBB sebagai negara yang berbeda dari RRT / China. Akan tetapi, Taiwan telah mencoba masuk PBB akan tetapi gagal karena tuntutan  China / RRT atas Taiwan dengan Kebijakan Satu Tiongkok yang dipromosikan oleh pemerintah China / RRT di Tiongkok Daratan di samping tekanan ekonomi dan diplomatik China / RRT. Kebanyakan negara dunia mengubah kebijakan diplomatiknya ke pemerintah China / RRT di  Tiongkok Daratan pada tahun 1970-an dan kini, Republik Tiongkok di Taiwan hanya diakui oleh 23 negara di dunia.

Terlepas dari persoalan apapun, Taiwan adalah sebuah yang memiliki Wilayah, Warga Negara, Lambang Negara, Lagu Kebangsaan, Bendera Negara, Bahasa Negara, Mata Uang, Paspor / Visa serta 23 negara lain yang mengakui kedaulatannya.

Demikian sajian informasi mengenai Mengenal Lebih Jelas Negara TAIWAN yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga sajian yang berikut ini bermanfaat ....

Labels: Berita Umum, Sejarah

Thanks for reading Mengenal Lebih Jelas Negara TAIWAN. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal Lebih Jelas Negara TAIWAN"

Your comment for me, please!

Back To Top
close