Mengenal Tradisi MUNGGAHAN Masyarakat Sunda Jelang 1 Ramadhan

Mengenal Tradisi MUNGGAHAN Masyarakat Sunda Jelang 1 Ramadhan || Munggahan adalah tradisi masyarakat Islam suku Sunda untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan yang dilakukan pada akhir bulan Sya'ban (satu atau dua hari menjelang bulan Ramadhan). Bentuk pelaksanaannya bervariasi, umumnya berkumpul bersama keluarga dan kerabat, makan bersama (botram), saling bermaafan, dan berdoa bersama. Selain itu, ada pula yang mengunjungi tempat wisata bersama keluarga, berziarah ke makam orang tua atau orang saleh, atau  mengamalkan sedekah munggah (sedekah pada sehari menjelang bulan puasa).

Munggahan berasal dari Bahasa Sunda unggah yang berarti naik, yang bermakna naik ke bulan yang suci atau tinggi derajatnya. Tradisi Munggahan dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah, untuk membersihkan diri dari hal-hal yang buruk selama setahun ke sebelumnya dan agar terhindar dari perbuatan yang tidak baik selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Tradisi Munggahan juga merupakan sebuah sarana dalam mempertahankan nilai toleransi, tenggang rasa, saling menghormati dan menjaga keharmonisan antar sesama.

Tradisi Munggahan dilestarikan secara turun temurun dalam masyarakat Sunda. Lantaran tradisi ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat Sunda atas kedatangan bulan suci Ramadhan, maka pelaksanannya dilakukan sehari sebelum dan saat hari pertama puasa.

Demikian sajian informasi mengenai Mengenal Tradisi MUNGGAHAN Masyarakat Sunda Jelang 1 Ramadhan  yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Agama

Thanks for reading Mengenal Tradisi MUNGGAHAN Masyarakat Sunda Jelang 1 Ramadhan. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal Tradisi MUNGGAHAN Masyarakat Sunda Jelang 1 Ramadhan"

Your comment for me, please!

Back To Top
close