-->

Memahami Kewajiban Puasa Ramadhan

Memahami Kewajiban Puasa Ramadhan || Puasa Ramadhan itu wajib bagi setiap muslim yang baligh (dewasa), berakal, dalam keadaan sehat, dan dalam keadaan mukim (tidak melakukan safar/perjalanan jauh).

Yang menunjukkan bahwa Puasa Ramadhan adalah wajib yaitu firman Allah Ta’ala, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183)  Kemudian dinyatakan pula bahwa puasa ialah menahan diri dari makan, minum dan bersenggama mulai dari terbit fajar yang kedua sampai terbenamnya matahari. Firman Allah Ta ‘ala: " …….dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam … "(Al-Baqarah: 187).

Puasa Ramadhan wajib dikerjakan setelah terlihatnya hilal, atau setelah bulan Sya’ban genap 30 hari. Puasa Ramadhan wajib dilakukan apabila hilal awal bulan Ramadhan disaksikan seorang yang dipercaya, sedangkan awal bulan-bulan lainnya ditentukan dengan kesaksian dua orang yang dipercaya.

Syarat-syarat wajibnya Puasa Ramadhan ada empat, yaitu Islam, berakal, dewasa dan mampu. Sedangkan Syarat-syarat sahnya Puasa Ramadhan ada enam :
  1. Islam; tidak sah puasa orang kafir sebelum masuk Islam.
  2. Akal; tidak sah puasa orang gila sampai kembali berakal.
  3. Tamyiz; tidak sah puasa anak kecil sebelum dapat membedakan (yang baik dengan yang buruk).
  4. Tidak haid; tidak sah puasa wanita haid, sebelum berhenti haidnya.
  5. Tidak nifas; tidak sah puasa wanita nifas, sebelum suci dari nifas.
  6. Niat; dari malam hari untuk setiap hari dalam puasa wajib. Hal ini didasarkan pada sabda Nabi : "Barangsiapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum fajar, maka tidak sah puasanya. " (HR.Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i dan At-Tirmidzi. Ia adalah hadits mauquf menurut At-Tirmidzi. Dan hadits ini menunjukkan tidak sahnya puasa kecuali diiringi dengan niat sejak malam hari, yaitu dengan meniatkan puasa di salah satu bagian malam.
Demikian sajian informasi mengenai Memahami Kewajiban Puasa Ramadhan yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Agama

Thanks for reading Memahami Kewajiban Puasa Ramadhan. Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami Kewajiban Puasa Ramadhan"

Your comment for me, please!

Back To Top
close