-->

Pengertian HOAX di Internet

Seolah sudah sangat akrab dengan kata HOAX. Tapi, secara ilmiah Apakah Pengertian HOAX di Internet itu ? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ‘hoaks’ adalah ‘berita bohong.’ Dalam Oxford English dictionary, ‘hoax’ didefinisikan sebagai ‘malicious deception’ atau ‘kebohongan yang dibuat dengan tujuan jahat’.



Hoax sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru, dan sudah banyak beredar sejak Johannes Gutenberg menciptakan mesin cetak pada tahun 1439. Sebelum zaman internet, ‘hoax’ bahkan lebih berbahaya dari sekarang karena sulit untuk diverifikasi. Untuk lebih mengenali, Pengertian HOAX di Internet, berikut adalah beberapa jenis HOAX:
Hoax dalam definisi termurninya adalah berita bohong yang dibuat secara sengaja. Pembuatnya sangant mengetahui bahwa berita yang dibuat itu bohong dan bermaksud untuk menipu orang dengan beritanya.

Judul Sangat Heboh tapi Berbeda dengan Isi Berita
Kebiasaan buruk banyak netizen adalah hanya membaca headline berita tanpa membaca isinya. Banyak beredar artikel yang isinya benar tapi diberi judul yang heboh dan provokatif atau artikel yang isinya tidak benar dikemas dalam judul yang sangan menarik, kedua-duanya sebenarnya tidak sama dengan isi artikelnya. Atau ada satu jenis lain yaitu konten yang di-Download /di-Unduh isinya tidak sama dengan yang dijelaskan dalam uraian sebelumnya.

Berita Benar dalam Konteks Menyesatkan
Kadang-kadang berita benar yang sudah lama diterbitkan bisa beredar lagi di sosial media. Ini membuat kesan bahwa berita itu baru terjadi dan bisa menyesatkan orang yang tidak mengecek kembali tanggal/bulan/tahun ketika berita tersebut pertama kali beredar.

Demikian sajian informasi mengenai Pengertian HOAX diInternet yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Internet

Thanks for reading Pengertian HOAX di Internet. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian HOAX di Internet"

Your comment for me, please!

Back To Top
close