-->

Model Pembelajaran PJOK pada Kurikulum 2013

Sebagaimana telah dijelaksan pada artikel sebelumnya bahwa Mata Pelajaran Matemaika dan PJOK telah dipisahkan dari Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Alasan Tertentu. Dengan menjadi mandirinya pembelajaran PJOK dan dilaksanakan pula secara mandiri oleh Guru PJOK, pembelajaran memiliki keleluasaan untuk menerapkan Pendekatandan Model yang khusus dan cocok untuk Mata Pelajaran PJOK.

Kurikulum 2013 menerapkan pendekatan dan model pembelajaran yang bervariasi sesuai karakteristik mata pelajaran PJOK. Pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan diharapkan dapat melatih kemampuan belajar: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Melalui kemampuan belajar, diharapkan pelajaran yang diikuti siswa mampu mengembangkan tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik (soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari siswa. Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan belajar, di antaranya adalah model pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), pembelajaran berbasis projek (project-based learning), pembelajaran kontekstual (contextual learning), pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery learning), sampai pada pembelajaran individual (individual learning).
Khusus dalam Pembelajaran PJOK sendiri terdapat beberapa Model Pembelajaran yang sudah dikembangkan. Beberapa di antaranya adalah:
  1. Model pendidikan gerak (movement education),
  2. Model pengembangan tanggung jawab (teaching personal and social responsbility/Hellison’s model),
  3. Model pendidikan petualangan (adventure education model), model kebugaran (fitness education model),
  4. Model perkembangan (developmental model),
  5. Model Teaching Games for Understanding (TGfU), dan
  6. Model pembelajaran kooperatif (cooperative learning model).

Demikian sajian informasi mengenai Model Pembelajaran PJOK pada Kurikulum 2013  yang dapat disampaikan dalam kesempatan ini.

Dapatkan Juga GRATIS Untuk Anda !!!

No
Nama Perangkat
Action
1
Materi Diklat Kurikulum
2
Dokumen 1 Kurikulum
3
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
4
Silabus Tematik dan Mata Pelajaran
5
Program Tahunan dan Semester
6
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
6
Buku Guru dan Buku Siswa
7
Penilaian Hasil Belajar
DOWNLOAD
8
Buku Kerja Guru

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Artikel, Kurikulum

Thanks for reading Model Pembelajaran PJOK pada Kurikulum 2013. Please share...!

0 Komentar untuk "Model Pembelajaran PJOK pada Kurikulum 2013"

Your comment for me, please!

Back To Top
close