Perangkat Lengkap Kurikulum 2013 SD Revisi 2017

Pelaksanaan kembali Kurikulum 2013 setelaj dilakukan peninjauan ulang dan akhirnya dilakukan Revisi di tahun 2017. Hasil revisi tersebut dilakukan pada beberapa bagian, terdapat beberapa hal yang di perbaiki seperti di antaranya, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran Penilaian Hasil Belajar dan Aspek yang lainnya. Terdapat beberapa Catatan Penting terkait hasil Revisi 2017, di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tapi tetap Kurikulum 2013 Edisi R evisi yang berlaku secara Nasional.
  2. Penilaian sikap Kompetensi Inti (KI) 1 dan Kompetensi Inti (KI) 2 sudah ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya Agama dan PKn namun KI tetap dicantumkankan dalam penulisan RPP.
  3. Jika ada 2 Nilai Praktik dalam 1 KD , maka yang diambil adalah nilai yang tertinggi. Penghitungan Nilai Ketrampilan dalam 1 KD ditotal (praktek, produk, portofolio) dan diambil nilai rata-rata. Untuk pengetahuan, bobot penilaian harian, dan penilaian akhir semester itu sama.
  4. Pendekatan Scientific 5M bukanlah satu-satunya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunannya tidak harus berurutan.
  5. Silabus Kurikulum 2013 edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom. Yaitu Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran.
  6. Perubahan Terminologi ulangan harian menjadi Penilaian Harian (PH), Ulangan Akhir Semester menjadi Penilaian Akhir Semester  untuk semester 1 dan Penilaian Akhir Tahun untuk semester 2 dan sudah tidak ada lagi Ulangan Tengah Semester, langsung ke Penilaian Akhir Semester.
  7. Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian. RPP K13 revisi 2017 yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu; Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, Creative - Critical thinking - Communicative, dan Collaborative (4C), dan mengintegrasikan Higher Order Thinking Skill (HOTS) sehingga perlu kreatifitas guru dalam meramunya.
  8. Skala penilaian menjadi skala 1 - 100. Penilaian Sikap diberikan dalam bentuk Predikat dan Deskripsi.
  9. Remedial diberikan untuk yang kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remedial adalah nilai yang dicantumkan dalam hasil.
Untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum 2013 Revisi 2017 perlu beberapa hal dipersiapkan oleh Kepala Sekolah dan Guru sebagai pelaksana langsung di tingkat Satuan Pendidikan. Selanjutnya beberapa hal perlu dimiliki sebagai kelengkapan dan sebagai bahan untuk diarsipkan dan dievaluasi untuk perbaikan di tahun pelajaran berikutnya.

Silahkan Baca Juga;
Untuk Jenjang Sekolah Dasar (SD) Berikut disajikan Perangkat dan Berkas tersebut. Silahkan DILIHAT dan juga bisa DI-DOWNLOAD untuk DIMILIKI secara GRATIS. Caranya tinggal KLIK saja pada Kata DOWNLOAD pada tabel bagian sebelah kanan.

No
Nama Perangkat
Action
1
Materi Diklat Kurikulum
2
Dokumen 1 Kurikulum
3
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
4
Silabus Tematik dan Mata Pelajaran
5
Program Tahunan dan Semester
6
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
6
Buku Guru dan Buku Siswa
7
Penilaian Hasil Belajar
DOWNLOAD
8
Buku Kerja Guru
Demikian sajian informasi pengenai Perangkat LengkapKurikulum 2013 SD Revisi 2017 yang dapat penulis sampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!
Labels: Kurikulum

Thanks for reading Perangkat Lengkap Kurikulum 2013 SD Revisi 2017 . Please share...!

0 Komentar untuk "Perangkat Lengkap Kurikulum 2013 SD Revisi 2017 "

Your comment for me, please!

Back To Top