Peristiwa Yang Terjadi Tanggal 11 Maret

Terdapat beberapa peristiwa menghebohkan yang terjadi tanggal 11 Maret tercatat dalam sejarah. Catatan tersebut mungkin ada yang merupakan sejarah sebuah bangsa terkait politik ataupun peristiwa kehidupan yang spektakuler. Berikut peristiwa-peristiwa besar terjadi tanggal 11 Maret yang pernah menghebohkan dunia. Catatan ini dirangkum dari berbagai sumber yang sempat penulis baca.

Tanggal 11 Maret 222
Kaisar Elagabalus dibunuh bersama dengan ibunya, Julia Soaemias, oleh Pengawal Praetoria selama revolusi. Tubuh mereka yang dimutilasi diseret melalui jalan-jalan di kota Roma sebelum dibuang ke Sungai Tiber.

Tanggal 11 Maret 1387 
Pertempuran Castagnaro: Sir John Hawkwood memimpin Padova memenangkan perselisihan faksional dengan Verona.

Tanggal 11 Maret 1641 
Pasukan Guaraní yang tinggal dengan kelompok Jesuit mengalahkan pemukim Portugis (bandeirantes) yang loyal kepada Kerajaan Portugis dalam Pertempuran Mbororé di daerah yang sekarang disebut Panambí, Argentina.

Tanggal 11 Maret 1649 
Frondeur dan Perancis menandatangani Paix de Rueil.

Tanggal 11 Maret 1851
Opera Rigoletto karya komponis Giuseppe Verdi dimainkan untuk pertama kalinya di La Fenice di Venesia.

Tanggal 11 Maret 1879
Jepang berhasil menguasai Kerajaan Ryuku di kepulauan sebelah tenggara Jepang. Kepulauan tersebut kini dikenal dengan nama Kepulauan Okinawa.

Tanggal 11 Maret 1923
Kapal penumpang Alexander tenggelam di perairan Yunani dan mengakibatkan 150 penumpangnya tewas. Di antara korban tewas tersebut terdapat 10 anggota Angkatan Laut Yunani. Kapal tersebut diduga tenggelam karena didera badai besar.

Tanggal 11 Maret 1944
Jerman menarik pasukannya dari Kota Uman, Ukraina. Penarikan pasukan itu menjadi salah satu tanda melemahnya Jerman dalam Perang Dunia II. Selain menarik pasukannya dari Kota Uman, tentara Jerman yang menduduki kawasan dekat Sungai Dneiper di Ukraina itu juga diperintahkan untuk pulang.

Tanggal 11 Maret 1966 
Supersemar: Presiden Soekarno memberikan surat perintah kepada Menteri/Panglima Angkatan Darat Jenderal Soeharto untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu demi terjaminnya keamanan, ketertiban, dan jalannya pemerintahan di Indonesia.

Tanggal 11 Maret 1975
Perang Vietnam: Pasukan Vietnam Utara dan gerilyawan Viet Cong mengambil alih kontrol atas Ban Me Thuot dari pasukan Vietnam Selatan.

Tanggal 11 Maret 1977 
Lebih dari 130 orang disandera di Washington, D.C., sekelompok orang yang diidentifikasi sebagai kelompok Muslim Hanafi dibebaskan setelah duta besar dari 3 negara Islam bergabung dalam negosiasi.

Tanggal 11 Maret 1978 
Sedikitnya 37 orang tewas dan lebih dari 70 lainnya luka-luka ketika gerilyawan Fatah membajak sebuah bus Israel, menandai Operation Litani.

Tanggal 11 Maret 1983 
Pakistan berhasil melakukan pengujian cold test senjata nuklirnya.

Tanggal 11 Maret 1985
Mikhail Gorbachev resmi menjadi pemimpin Uni Soviet. Ia menggantikan Konstantin Chernenko yang meninggal dunia sehari sebelumnya. Gorbachev menjabat selama kurang lebih enam tahun hingga bubarnya Uni Soviet pada 1991.

Tanggal 11 Maret 1990
Lithuania memulai pertempuran untuk memisahkan diri dari Uni Soviet. Lithuania adalah negara pertama yang secara terang-terangan ingin memisahkan diri dari Uni Soviet.

Tanggal 11 Maret 1990
Patricio Aylwin diambil sumpahnya sebagai Presiden Chili, yang pertama terpilih secara demokratis sejak 1970.

Tanggal 11 Maret 1997
Salah seorang personel band The Beatles, Paul Mc Cartney, mendapat gelar kebangsawanan dari Ratu Inggris, Elizabeth II. Paul mendapat gelar ‘Sir’ di depan namanya atas kontribusi besarnya dalam dunia musik.

Tanggal 11 Maret 1999 
Infosys menjadi perusahaan India pertama yang listed di bursa saham NASDAQ.

Tanggal 11 Maret  1999
Pemutusan aliran listrik dengan area pemadaman terluas di Brazil terjadi karena gardu listrik di negara tersebut tersambar petir. Wilayah yang dipadamkan listriknya antara lain Sao Paulo, Rio de Janeiro, Minas Gerais, Goias, Mato Grosso, Mato Grosso do Sul, dan Rio Grande do Sul. Sekitar 97 juta warga Brazil saat itu tak mendapatkan suplai listrik selama sehari penuh.

Tanggal 11 Maret 2004
Empat kereta api di wilayah Madrid, Spanyol diserang teroris yang meledakkan 10 bom. Serangan tersebut menewaskan setidaknya 191 orang. Serangan itu diyakini dilakukan kelompok Al-Qaeda sebagai pembalasan atas keterlibatan Spanyol dalam konflik bersenjata di Irak.

Tanggal 11 Maret 2010
Israel mengumumkan pembangunan permukiman baru berisi ribuan rumah di Yerusalem Timur. Pembangunan permukiman baru tersebut membuat pihak Palestina meradang. Palestina menganggap Israel telah melanggar perjanjian untuk tidak mendirikan permukiman baru.

Tanggal 11 Maret 2011 
Gempa bumi berkekuatan 8,9 Skala Richter melanda Tokyo-Jepang, dan sekitarnya pada pukul 14:46 waktu setempat.

Tanggal 11 Maret 2011
iPad 2 resmi diluncurkan di pasaran pada Rabu waktu Yerba Buena Center of the Arts, San Francisco, Amerika Serikat. iPad 2 lebih tipis dari seri sebelumnya, kira-kira hanya setebal 1/3 inci. Beratnya hanya 1,3 pound, lebih ringan 0,2 pound dari iPad seri sebelumnya. iPad 2 memiliki kamera depan dan belakang untuk mendukung video conference serta tambahan aplikasi FaceTime dan Photo Booth untuk memungkinkan pemanfaatan lebih dari kamera. iPad 2 punya keunggulan dibanding seri sebelumnya, di antaranya processor yang bekerja 2 kali lebih cepat dengan dukungan dual core A5 dan chip grafis yang memberikan kinerja 9 kali lebih cepat dengan platform iOS 4.3. Uniknya, dengan kelebihan itu, iPad 2 yang nantinya tetap akan berukuran 9,7 inci ini memiliki baterai yang tetap tahan 10 jam.

Tanggal 11 Maret 2012 
Seorang prajurit Amerika Serikat menembak mati 16 warga sipil di Distrik Panjwayi, dekat Kandahar, Afghanistan.

Tanggal 11 Maret 2013 
Warga Kepulauan Falkland atau Malvinas memutuskan untuk tetap menjadi bagian dari wilayah Inggris dalam sebuah referendum..

Demikian sajian informasi mengenai PeristiwaYangTerjadi Tanggal 11 Maret yang dapat penulis sajikan dalam kesempatan ini. Mudah-mudahan menambah wawasan dan cakrawala pengetahuan dunia.

Yang Ini Bisa Didapat Secara GRATIS 

No
Nama Perangkat
Action
1
Materi Diklat Kurikulum
2
Dokumen 1 Kurikulum
3
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
DOWNLOAD
4
Silabus Tematik dan Mata Pelajaran
5
Program Tahunan dan Semester
6
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
6
Buku Guru dan Buku Siswa
7
Penilaian Hasil Belajar
DOWNLOAD
8
Buku Kerja Guru

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Peristiwa Tanggal, Sejarah

Thanks for reading Peristiwa Yang Terjadi Tanggal 11 Maret. Please share...!

0 Komentar untuk "Peristiwa Yang Terjadi Tanggal 11 Maret"

Your comment for me, please!

Back To Top
close