-->

Keistimewaan Pendidikan Vokasi


Keistimewaan Pendidikan Vokasi || Sebagaimana telah diketahui pada pembahasan sebelumnya bahwa Pendidikan Vokasi adalah pendidikan yang menekankan pada keahlian praktikal yang dibutuhkan untuk langsung terjun ke dunia kerja. Biasanya satu program membahas topik yang spesifik. Misalnya: Seni Kuliner Prancis: Patisserie, Multimedia: Character Design, dan lain sebagainya yang benar-benar membutuhkan keahlian praktikal. Pendidikan vokaai biasanya mengharuskan peserta didik untuk magang, sebelum menamatkan program pilihan mereka.

Peserta didik pada pendidikan vokasi biasanya lulus dengan gelar Certificate, Diploma atau Advanced Diploma. Banyak juga gelar vokasi yang dapat dilanjutkan ke pendidikan tingkat sarjana atau pascasarjana. Durasi pendidikan vokasi sangat bervariasi, mulai dari satu semester, hingga beberapa tahun, tergantung program yang dipilih.

Baca Juga;
    Pengertian Pendidikan Vokasi - [klik di sini]
    Perbedaan Pendidikan Akademik, Profesi dan Vokasi - [klik di sini]
    Perbedaan Pendidikan Kejuruan dengan Pendidikan Vokasi - [klik di sini]

Pada kesempatan ini, penulis akan sajikan 3 hal yang merupakan Keistimewaan Pendidikan Vokasi. 3 hal tersebut adalah sebagai berikut:

Lebih Praktis
Jika kamu merasa menghadiri kelas kuliah membosankan, tidak suka mengerjakan tugas dan dinilai dengan cara ujian, mengapa tidak mempertimbangkan pendidikan vokasi? Pendidikan vokasi benar-benar melatih keahlian praktikal, sehingga tentu saja lebih banyak praktek daripada teori.

Banyak Pilihan Institusi
Berbeda dengan pendidikan gelar sarjana dan sebagainya, pendidikan vokasi ditawarkan lebih banyak institusi, baik itu universitas, kolese, politeknik, pusat pelatihan ataupun institusi-institusi lainnya yang berspesialisasi menyelenggarakan program pendidikan vokasi.

Beragam Pilihan Program
Pendidikan vokasi cocok bagi mereka yang sudah jelas dan yakin dengan apa yang ingin mereka kejar sebagai karir masa depan. Banyak sekali bidang yang tersedia mulai dari pariwisata dan perhotelan, manajemen retail, pengembangan software, desain interior, teknik otomotif, penata rambut hingga kuliner. Pendidikan vokasi menekankan keahlian praktikal yang dibutuhkan untuk terjun langsung ke industri serta membahas topik yang lebih spesifik, jika dibandingkan dengan perkuliahan di universitas yang membahas topik yang lebih luas.

Demikian sajian informasi mengenai Keistimewaan Pendidikan Vokasi yang dapat disampaikan. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Pendidikan Vokasi

Thanks for reading Keistimewaan Pendidikan Vokasi. Please share...!

0 Komentar untuk "Keistimewaan Pendidikan Vokasi"

Your comment for me, please!

Back To Top
close