Pengertian Pendidikan Vokasi

Pengertian Pendidikan Vokasi || Menurut kbbi.kemdikbud.go.id vokasi diartikan sebagai pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi atau keahlian. Pendidikan Vokasi adalah sistem pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan keahlian terapan tertentu kepada peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Peserta didik akan diarahkan untuk mengembangkan keahlian terapan dan beradaptasi pada bidang pekerjaan tertentu serta dapat menciptakan peluang kerja.

Pendidikan Vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu, meliputi program pendidikan Diploma (diploma 1, diploma 2, diploma 3 dan diploma 4) yang setara dengan program pendidikan akademik strata 1. Lulusan pendidikan vokasi akan mendapatkan gelar vokasi/gelar ahli madya.

Pendidikan Vokasi merupakan pendidikan tinggi yang ditujukan untuk kepentingan praktis melalui program pendidikan diploma I (D1), diploma II (D2), diploma III (D3), diploma IV (D4) atau sarjana terapan, Magister Terapan dan Doktor Terapan. Lulusan pendidikan vokasi mendapatkan gelar vokasi, misalnya A.Ma (Ahli Madya), A.Md (Ahli Madya), S.ST. (Sarjana Sains Terapan).

Lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tinggi keahlian terapan (vokasi) adalah Universitas yang menyelenggarakan program diploma, Akademi, Politeknik (seperti Politeknik Banyuwangi), Sekolah Tinggi, Institut dengan waktu studi untuk Program Diploma 1 selama 1 tahun, Diploma 2 selama 2 tahun, Diploma 3 selama 3 tahun, dan Diploma 4 selama 4 tahun. Standar nasional pendidikan vokasi dikembangkan berdasarkan standar kompetensi nasional dan/atau internasional.

Baca Juga;
    Perbedaan Pendidikan Akademik, Profesional dan Vokasi - [klik di sini]
    Perbedaan Pendidikan KEjuruan dan Pendidikan Vokasi - [klik di sini]
    Kelebihan Pendidikan Vokasi - [klik di sini]

Pendidikan Vokasi menganut sistem terbuka (multi-entry-exit system) dan multimakna (berorientasi pada pembudayaan, pemberdayaan, pembentukan watak, dan kepribadian, serta berbagai kecakapan hidup life skill. Pendidikan vokasi berorientasi pada kecakapan kerja sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan serta sesuai dengan tuntutan kebutuhan lapangan kerja.

Demikian sajian informasi mengenai Pengertian Pendidikan Vokasi yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Pendidikan Vokasi

Thanks for reading Pengertian Pendidikan Vokasi. Please share...!

0 Komentar untuk "Pengertian Pendidikan Vokasi"

Your comment for me, please!

Back To Top
close