Komponen Pendidikan Anak Usia Dini

Komponen Pendidikan Anak Usia Dini || Standar kompetensi anak usia dini terdiri atas pengembangan aspek-aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional dan kemandirian, bahasa, kognitif, fisik-motorik, dan seni. Komponen Pendidikan Anak Usia Dini adalah adalah terdiri dari Peserta Didik, Tenaga Pendidik, dan Pembelajaran. Berikut disajikan sedikit penjelasan mengenai Komponen Pendidikan Anak Usia Dini.

Peserta Didik 
Sasaran layanan Pendidikan Anak Usia Dini adalah anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun. Pengelompokan anak berdasarkan pada usia, yaitu 0-1 tahun, 1-2 tahun, 2-3 tahun, 3-4 tahun, 4-5 tahun dan 5-6 tahun.

Pendidik 
Kompetensi pendidik pada PAUD memiliki kualifikasi akademik sekurang-kurangnya Sarjana (S-1) di bidang PAUD (S-1/D-IVPG-PAUD), kependidikan lain atau psikologi dan memiliki sertifikasi profesi guru PAUD atau sekurang-kurangnya telah mendapat pelatihan PAUD. Rasio perbandingan antara pendidik dan jumlah peserta didik yang diampu yaitu sebagai berikut:
  1. Usia 0-1 tahun, rasio 1 pendidik untuk 3 peserta didik. 
  2. Usia 1-3 tahun, rasio 1 pendidik untuk 6 peserta didik.
  3. Usia 3-4 tahun, rasio 1 pendidik untuk 8 peserta didik.
  4. Usia 4-6 tahun, rasio 1 pendidik untuk 10-12 peserta didik.
Pembelajaran 
Pembelajaran anak usia dini dilakukan melalui kegiatan bermain yang dipersiapkan oleh pendidik dengan menyiapkan materi (konten) dan proses belajar. Materi belajar anak usia dini dibagi menjadi 2 kelompok usia, yaitu:
  1. Materi usia lahir sampai 3 tahun, meliputi: Pengenalan diri sendiri (perkembangan konsep diri) pengenalan perasaan (perkembangan emosi), pengenalan tentang orang lain (perkembangan sosial), pengenalan berbagai gerak (perkembangan fisik), mengembangkan komunikasi (perkembangan bahasa), dan keterampilan berpikir (perkembangan fisik). 
  2. Materi usia anak 3-6 tahun, meliputi: keaksaraan, konsep matematika, pengetahuan alam, pengetahuan sosial, seni, teknologi, dan keterampilan proses.
Demikian sajian informasi mengenai Komponen Pendidikan Anak Usia Dini yang dapat disajikan. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: PAUD

Thanks for reading Komponen Pendidikan Anak Usia Dini. Please share...!

0 Komentar untuk "Komponen Pendidikan Anak Usia Dini"

Your comment for me, please!

Back To Top
close