Jenis Layanan / Kelembagaan PAUD di Indonesia

Jenis Layanan / Kelembagaan PAUD di Indonesia || Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD diselenggarakan dalam berbagai jenis layanan dalam bentuk kelembagaan pendidikan yang dibentuk dengan tujuan tertentu. Di luar negeri hanya dikenal 2 (dua)  macam jenis layanan/ kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini, yaitu: Kindergarden atau Play Group (Day Care). Sedangkan di Indonesia ada 4 (empat) jenis Penyelenggaraan PAUD, yaitu:
  1. TK (Taman Kanak-Kanak),
  2. KB (Kelompok Bermain),
  3. TPA (Taman Penitipan Anak),
  4. SPS (Satuan PAUD Sejenis),
TK (Taman Kanak-Kanak)
TK (Taman Kanak-Kanak)  adalah Bentuk satuan PAUD yang menyelenggarakan program bagi anak usia 4 sampai dengan 6 tahun secara lebih terstruktur.

KB (Kelompok Bermain)
KB (Kelompok Bermain) adalah Bentuk satuan PAUD yang menyelenggarakan program bagi anak usia 2 sampai dengan 4 tahun dengan toleransi sampai dengan 6 tahun, jika di tempat tersebut belum tersedia layanan TK.

TPA (Taman Penitipan Anak)
TPA (Taman Penitipan Anak) adalah Bentuk satuan PAUD yang menyelenggarakan program pendidikan dan pengasuhan bagi anak usia 3 bulan sampai dengan 6 tahun.

SPS (Satuan PAUD Sejenis)
SPS (Satuan PAUD Sejenis) adalah Bentuk-bentuk layanan PAUD lainnya yang penyelenggaraannya dapat diinterintegrasikan dengan berbagai layanan anak usia dini yang ada di masyarakat seperti Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu), BKB (Bina Keluarga Balita), TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an), TAPAS (Taman Pendidikan Anak Soleh), SPAS (Sanggar Pendidikan Anak Soleh), Bina Anaprasa, PAK (Pembinaan Anak Kristen), BIA (Bina Iman Anak Katolik), dan semua layanan anak usia dini yang berada di bawah binaan lembaga agama lainnya; serta semua kelompok layanan anak usia dini yang berada di bawah binaan organisasi wanita/organisasi kemasyarakatan. Salah satu bentuk program SPS adalah Pos PAUD, yaitu program PAUD yang diintegrasikan dengan layanan Posyandu dan BKB.

Setiap satuan PAUD berkewajiban menyelenggarakan program parenting yang diselenggarakan di satuan PAUD yang dibinanya, dengan tujuan keselarasan dan kesinambungan program antara perlakuan anak di satuan PAUD dan di rumah.

Demikian sajian informasi mengenai Jenis Layanan / Kelembagaan PAUD di Indonesia yang dapat disampaikan. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: PAUD

Thanks for reading Jenis Layanan / Kelembagaan PAUD di Indonesia. Please share...!

0 Komentar untuk "Jenis Layanan / Kelembagaan PAUD di Indonesia"

Your comment for me, please!

Back To Top
close