Mengenal Istilah Unikorn dan Contohnya

Mengenal Istilah Unikorn dan Contohnya || Istilah Unikorn berasal dari bahasa Inggris: Unicorn yang berarti perusahaan rintisan milik swasta yang nilai kapitalisasinya lebih dari USD 1 miliar. Istilah ini diciptakan pada tahun 2013 oleh Aileen Lee, seorang pemodal usaha. Aileen Lee memilih hewan mitos ini karena perusahaan yang sukses seperti ini tergolong langka. Istilah  lain juga ada Dekakorn yang juga berasal dari bahasa Inggris; Decacorn yang berarti sebutan untuk perusahaan swasta yang nilainya lebih dari USD 10 miliar sedangkan istilah satu lagi adalah Hektokorn yang juga berasal dari bahasa Inggris; Hectocorn yang diberikan kepada perusahaan swasta yang nilainya lebih dari USD 100 miliar.

Menurut data yang dilansir www.wikipedia.org terdapat sebaran Unikorn di beberapa negara yaitu; Tiongkok sebanyak 131 unikorn,USA sebanyak 85 unikorn, India sebanyak 20 unikorn, Inggris sebanyak 7 unikorn, Indonesia sebanyak 4 unikorn, Swedia sebanyak 4 unikorn, Singapura, Swiss, Korea Selatan dan Hongkong masing-masing sebanyak 2 unikorn, dan 13 negara lainnya masing-masing 1 unikorn.

Tiga Unikorn terbesar di dunia adalah Ant Financial dengan valuasi USD 150 miliar dan Bytedance dengan valuasi USD 78 miliar yang keduanya di Tiongkok serta Uber dengan valuasi USD 72 miliar. Sedangkan Unikorn dari Indonesia yang diakui dunia adalah:
  1. Tokopedia; didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison dengan nilai valuasi USD 7.0 miliar
  2. Go-Jek; didirikan oleh Nadiem Makarim, dengan valuasi USD 6.6 miliar
  3. Traveloka; didirikan oleh Ferry Unardi, Albert Zhang dan Derianto Kusuma, dengan valuasi USD 2.0 miliar
  4. Bukalapak; didirikan oleh Achmad Jaky, dengan valuasi USD 1.2 miliar
Terdapat beberapa perusahaan yang dulunya termasuk Unikorn, tetapi dinyatakan keluar dari katagori unikorn karena melakukan penawaran saham ke publik, baik melalui pasar (IPO) maupun secara langsung (DPO), atau diakuisisi. Perusahaan tersebut sebagian kecil di antaranya adalah, Facebook, Twitter, Whatsapp, Alibaba, Xiaomi, Skype, dan Linkedin.

Demikian sajian informasi mengenai Mengenal Istilah Unikorn dan Contohnya yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Silahkan baca juga informasi terkait lainnya pada link/tautan di bawah ini. Semoga Bermanfaat !!! ...

Labels: Unik Langka

Thanks for reading Mengenal Istilah Unikorn dan Contohnya. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal Istilah Unikorn dan Contohnya"

Your comment for me, please!

Back To Top
close