Memahami Tahapan Seleksi Calon Anggota Paskibra

Memahami Tahapan Seleksi Calon Anggota Paskibra || Semua Calon Anggota Paskibra di pilih dari sekolah tingkat SMA/SMK/MA, biasanya adalah berasal dari kelas X. Pada tahapan seleksi tingkat sekolah yang berhak memilihnya adalah pihak sekolah, lalu siswa pilihan sekolah akan langsung mengikuti seleksi tingkat II yaitu tingkat Kabupaten/Kota.

Ditingkat Kabupaten/Kota, Calon Anggota Paskibra akan bersaing ketat dengan Siswa siswi lain di luar sekolah, tentu saingannya pun akan sangat banyak sekali. Pada tahapan Seleksi Calon Anggota Paskibra inilah sebenarnya Calon Anggota Paskibra harus bisa mengerahkan semua kemampuannya, karena hanya beberapa puluh (biasanya kurang dari 40 siswa) yang diterima dalam tingkat Kabupaten/Kota dari ratusan peserta seleksi.

Ketika pengumuman hasil Seleksi Calon Anggota Paskibra tingkat Kabupaten/Kota biasanya dihari yang sama akan di umumkan 4 siswa terpilih yang dianggap yang terbaik untuk mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi. Nantinya dari 4 siswa tersebut akan mengikuti penyeleksian beberapa hari bersama siswa-siswa pilihan lainnya yang terpilih sebagai calon Paskibraka tingkat Provinsi. Setelah itu biasanya tak jarang siswa pilihan tersebut ada yang tidak bisa lolos ke tingkat provinsi sehingga Ia harus kembali ke tingkat Kabupaten/Kota.

Setelah terpilih menjadi Paskibraka Provinsi, kemudian dipilih lagi 4 orang (2 putra dan 2 putri) yang terbaik di antara yang terbaik untuk mengikuti Seleksi Calon Anggota Paskibra Tingkat Nasional yang prosesnya tidak jauh berbeda dengan Seleksi Paskibra Tingkat Provinsi. Pada Seleksi Paskibra Tingkat Nasional hanya akan menetapkan Anggota Paskibra Nasional 1 putra dan 1 putri terbaik dari setiap Provinsi.

Di luar semua itu, sebenarnya di manapun ditugaskan nantinya baik di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi maupun Nasional, tetaplah Paskibr yang memiliki kedudukan yang sama, karena melakukan pekerjaan yang sama, pada hari yang sama yaitu tanggal 17 Agustus untuk sama sama mengibarkan Sang Merah Putih. Hanya saja tempatnya nya yang berbeda.

Demikian sajian informasi mengenai Tahapan Seleksi Calon Anggota Paskibra yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Paskibra, Pendidikan

Thanks for reading Memahami Tahapan Seleksi Calon Anggota Paskibra. Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami Tahapan Seleksi Calon Anggota Paskibra"

Your comment for me, please!

Back To Top
close