Inilah Cara Menulis dengan Mulut dan Membaca dengan Telinga

Inilah Cara Menulis dengan Mulut dan Membaca dengan Telinga || Kedengarannya memang aneh, sebab secara umum alat tulis dipegang menggunakan tangan dan membaca hanya dapat dilakukan dengan menggunakan mata. Tapi Istilah Menemu Baling yang merupakan akronim dari Menulis dengan Mulut dan Membaca dengan Telinga memang demikian adanya.

Metode Menemu Baling IGI adalah sebuah metode yang digunakan untuk mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Gerakan Literasi Produktif Berbasis Information Technology (IT) oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) dengan program Sagusatab IGI (Satu Guru Satu Tablet IGI). Metode ini ditemukan oleh Mampuono R. Tomoredjo, Sekjen IGI periode 2016-2021.

Silahkan Baca Juga;
Mampuono; Guru Inspiratif Abad 21 - [klik di sini]

Menemu atau menulis dengan mulut, berarti mengganti semua aktivitas menulis di keyboard tablet atau gadget dengan ucapan. Jadi setiap kata yang kita ucapkan dalam bahasa yang dikenali oleh perangkat akan langsung tertulis pada mesin pencatat saat itu juga. Jadi pengguna aplikasi ini akan bisa menuliskan sejumlah besar teks hanya dalam waktu singkat. Kegiatan ini hampir bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, dan tentu saja sangat menguntungkan bagi hampir semua profesi, terutama yang ada hubungannya dengan kegiatan tulis menulis, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Profesi itu misalnya guru, dosen, wartawan, penulis, notulis, da’i, penceramah agama, mahasiswa, pelajar, dll. Pendeknya dari presiden sampai ibu rumah tangga bisa memberdayakan metode ini.

Sedangkan Baling atau membaca dengan telinga berarti mengubah teks bacaan ke dalam suara. Aktivitas membaca yang selama ini dilakukan secara manual dengan memberdayakan mata dan beresiko pada menurunnya daya penglihatan kita kini diganti dengan cara digital. Caranya yaitu dengan memfungsikan telinga sebagai pengganti mata. Kita cukup mendengarkan teks yang sudah diubah oleh mesin menjadi suara  dalam bahasa yang kita kenali dengan baik dan bisa kita dengarkan dengan nyaman kapanpun dan dimanapun. Dengan demikian sehingga aktivitas membaca yang berpotensi menurunkan daya penglihatan kini telah direvolusi secara digital menjadi aktivitas mendengarkan text yang dibacakan oleh mesin yang tentu saja lebih aman untuk mata daripada membaca secara manual.

Tampilan Google Play Store pada Smartphone

Tampilan Google Play pada Web Browser

Kesimpulannya, Menemu Baling adalah sebuah Aplikasi Smartphone yang bisa melakukan penulisan melalui ucapan atau “Voice Writer” dan mampu menterjemahkan teks ke dalam bentuk suara atau “Audio Translater”. Kini, aplikasi paling baru adala Menemu Baling V.04. Silahkan cari di Google PlayStore Smartphone atau di https://play.google.com jika menggunakan Web Browser. Atau ikuti Cara Instal Aplikasi Menemu Baling pada Smartphone - [klik di sini]

Demikian sajian informasi mengenai Cara Menulis dengan Mulut dan Membaca dengan Telinga yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Cara Trik, Ponsel

Thanks for reading Inilah Cara Menulis dengan Mulut dan Membaca dengan Telinga. Please share...!

0 Komentar untuk "Inilah Cara Menulis dengan Mulut dan Membaca dengan Telinga"

Your comment for me, please!

Back To Top
close