Mengenal Mampuono; Sang Guru Inspiratif Abad 21

Mampuono; Sang Guru Inspiratif Abad 21 || Mampuono Rasyidin Tomoredjo, saat ini menjabart Sekretaris Jenderal Ikatan Guru Indonesia (Sekjen IGI) untuk periode 2016-2021. Mampuono, namanya semakin cetar dengan kesuksesan Aplikasi Menemu Baling yang kemudian dimasukkan dalam Program Satu Guru Satu Tablet (Sagusatab) dalam rangka mendukung Gerakan Literasi Produktif Berbasis IT. . Akan tetapi mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa sebelumnya, Mampuono terbiasa berkreasi dan berprestasi. Berikut disajikan sekelumit kehidupan dan prestasi Mampuono.

Silahkan Baca Juga;
Cara Menulis dengan Mulut dan Membaca dengan Telinga (Menemu Baling) - [klik di sini]
Cara Instal Aplikasi Menemu Baling[klik di sini]

Mampuono dilahirkan di Semarang, 21 Januari 1970. Singkat cerita di tahun 1995 meraih Sarjana Pendidikan dari Prodi Pendidikan Kimia IKIP Semarang (kini UNNES). Setelah itu keadaan tidak mengantarkannya meraih pekerjaan yang linier dengan pendidikannya.

Kesempatannya hanya didapat untuk mengajar Bahasa Inggris di sebuah Madrasah Aliyah (MA) karena kekosongan guru dan Mampuono dinilai menguasai bahasa Inggris. Pengalaman sebagai guru di Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah (MA) itu mengantarkannya untuk mendapatkan beasiswa program DMAP (Developing Madrasah Aliyah Project). Program tersebut merupakan kerja sama antara Departemen Agama (Depag), ADB (Asia Development Bank), dan Unnes (Universitas Negeri Semarang, dulu IKIP Semarang). Mampuono mengulang pendidikan Sarjana pada jurusan bahasa Inggris di UNNES dan pada tahun 2002 menyabet gelar lulusan terbaik dengan predikat cum laude. Tidak ditemukan informasi detil tentang kepindahannya menjadi Guru di SMP Negeri 18 Semarang yang sekarang dijalaninya.

Sejak tahun 2004, Mampuono rajin berprestasi. Dimulai ketika dia meraih juara pada kompetisi mengajar kimia dalam bahasa Inggris di tingkat nasional. Mampuono juga pernah membuat aplikasi piranti lunak bernama The Digital Narrative.. Aplikasi tersebut mampu menterjemahkan cerita dalam vidio yang diputar ke dalam bentuk tulisan.

Pada tahun 2008, dia menyabet prestasi mentereng dalam Microsoft Innovative Teacher Competition yang diikuti guru-guru hebat se-Asia Pasifik. Mampuono sebagai wakil Indonesia meraih Medali Emas. Pada tahun yang sama menorehkan prestasi pada Educational Game Design And Development Competition di tingkat Nasional dan sukses menyabet Medali Emas.

Atas berbagai prestasi yang diraihnya, Mampuono “dipaksa” oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjadi Widya Iswara di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah dan kemudian sebagai Comunity Leader Pustekkom Kemdikbud serta Chairperson Komunitas Rumah Belajar Kemdikbud.

Aktivitasnya di Organisasi Profesi Guru merapatkan diri ke Ikatan Guru Indonesia (IGI). Pernah menjabat sebagai Ketua IGI Jawa Tengah dan pada tahun 2016 terpilih sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Penguru Pusat IGI.

Setelah menjadi Sekjen IGI Pusat, dan sebagai Kreator Aplikasi Menemu Baling, Mampuono mengomandani Program Satu Guru Satu Tablet (Sagusatab) dan Menemu Baling dalam rangka mendukung Gerakan Literasi Produktif Berbasis IT.

Demikian sekelumit cerit tentang seorang Mampuono Rasyidin Tomoredjo yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Semoga Menginspirasi dan Bermanfaat !!!

Labels: Sosok dan Motivasi

Thanks for reading Mengenal Mampuono; Sang Guru Inspiratif Abad 21. Please share...!

0 Komentar untuk "Mengenal Mampuono; Sang Guru Inspiratif Abad 21"

Your comment for me, please!

Back To Top
close