Desa Wisata Wangunharja Kabupaten Subang - Jawa Barat

Desa Wisata Wangunharja Kabupaten Subang - Jawa Barat || Desa Wisata Wangunharja merupakan salah satu gambaran desa yang ada di daerah Subang dengan adat istiadat dan kebudayaan yang masih kental dan sampai sekarang adat istiadat tersebut masih terus dilaksanakan.


Desa Wisata Wangunharja  berada di Wilayah Sanca, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41281, Indonesia.



Upacara Ruatan Bumi adalah salah satu tradisi adat masyarakat agraris dalam mengucap syukur kepada Tuhan penguasa alam atas hasil pertanian yang didapat. Selain ungkapan syukur, pesta rakyat ini dilaksanakan sebagai ritual tolak bala dan bentuk penghormatan kepada para leluhur. Upacara yang digelar pada pertengahan bulan Djulhizah (Rayagung) ini selalu dimeriahkan berbagai kesenian tradisional masyarakat Sunda.


Acara yang tak kalah menarik adalah ritual Ngabeungkat. Tradisi ini diselenggarakan untuk menyambut datangnya musim hujan sebagai tanda dimulainya masa bercocok tanam. Upacara Ngabeungkat dilaksanakan dengan menyembelih kambing kemudian darahnya dibuang ke selokan. Daging kambing sembelihan dibagikan kepada masyarakat. Setelah ritual tersebut masyarakat menyediakan Sasajen (sesaji), yang diletakkan di pinggir sungai.


Desa Wisata Wangunharja ini juga mempunyai berbagai fasilitas seperti Desa Wisata, homestay, area parkir, warung makanan dll. Desa Wisata Wangunharja ini juga terdapat fasilitas lain seperti kamar mandi, Toilet, Mushola, tempat bersantai.

Demikian sajian informasi mengenai Desa Wisata Wangunharja Kabupaten Subang - Jawa Barat yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Serba Subang

Thanks for reading Desa Wisata Wangunharja Kabupaten Subang - Jawa Barat. Please share...!

0 Komentar untuk "Desa Wisata Wangunharja Kabupaten Subang - Jawa Barat"

Your comment for me, please!

Back To Top
close