Desa Wisata Cibuluh Kabupaten Subang - Jawa Barat

Desa Wisata Cibuluh KabupatenSubang - Jawa Barat || Desa Cibuluh berada di Wilayah Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang. Di Desa Cibuluh ini, terdapat sebuah Monumen yang merupakan perwujudan sejarah perlawanan tentara nasional pada masa Agresi Belanda ke-2, yang terjadi di Kampung Ciseupan.


Dengan pesona alam pedesaan, pesawahan, kolam ikan, sungai-sungai yang mengalir, air tejun, rimbunnya pepohonan, segarnya udara, serta keramahan masyarakatnya. Menjadikan Desa Cibuluh, menjadi desa wisata yang diunggulkan untuk menarik wisatawan.

Desa wisata ini sendiri dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan nama unit usaha pariwisata. Dengan menawarkan paket wisata desa untuk memberikan pengalaman dan pengetahuan budaya masyarakat desa.

Saung Mulan


Saung Mulan, mulan dalam bahasa Indonesia artinya bulan, jadi saung mulan itu adalah saung bulan, dimana ditempat ini kita bisa menikmati keindahan bulan, dan tentunya hanya bisa dinikmati pada malam hari di bulan purnama.

Untuk memikat wisatawan, di Saung Mulan pada malam bulan purnama. Selain dapat menikmati keindahan bulan purnama, digelar juga acara diskusi budaya.
Namun terkadang, selain bulan purnama, Saung Mulan sering dikunjungi wisatawan yang hanya ingin sekedar refresh, menikmati suasana malam di desa.

Tepas Seuweu


Tepas Seuweu, merupakan salah satu titik destinasi wisata yang disiapkan oleh warga masyarakat Desa Cibuluh.   Tempat ini berada dipinggiran pematang sawah. Jika kita berkunjung kesini, kita bisa melihat langsung aktifitas warga di pematang sawah.

Selain menjadi tempat pusat kerajinan, Teupas Seuweu adalah tempat berkumpulnya warga untuk melakukan aktivitas latihan kesenian. Bila wisatawan ingin melihat pagelaran kesenian, menurut Daming akan diajak berkunjung ke Tepas Seuweu.  Di tempat ini, terdapat dua saung kecil, dan dua saung tempat memajang berbagai jenis kerajinan, serta satu saung sebagai panggung utama.

Saung Budaya Bolang



Saung Budaya Bolang, tempat ini merupakan salah destinasi yang sering mendapat kunjungan wisata, mulai dari domestik sampai dengan mancanegara. Pasalnya Saung Budaya Bolang, merupakan tempat pusat komunitas permainan tradisional, yang lebih dikenal sebagai komunitas Hong.

Tempat yang berada di pinggir sawah dan sungai ini didirikan oleh seorang pakar permainan tradisional Indonesia, asal Subang yakni Zaini Alif. Ditempat kelahirannya ini Zaini Alif, sejak 2005 telah mendirikan komunitas Hong, dan sering mendapat kunjungan dari berbagai kalangan, untuk sekedar belajar dan bermain permainan tradisional.

Setiap pengunjung yang datang ke Saung Budaya Bolang, biasanya akan diajak memperaktekan berbagai macam jenis macam permainan tradisional baik yang bisa dilakukan di darat maupun di air atau disungai.

7 (Tujuh) Sungai


Potensi wisata lainnya di Desa Cibuluh adalah sungai, disini terdapat 7 sungai yang mengalir melalui Desa Cibuluh, satu diantaranya yakni sungai Cipunegara. Kekayaan sungai ini pun menjadi salah satu destinasi yang mengundang wisatawan, pengelola wisata memanfaatkan sungai untuk kegiatan rafting, dan kegiatan lainnya.

Salah satu program yang ditawarkan kepada wisatawan yaitu Festival Sungai. Kegiatan ini bakal rutin digelar setiap tahunnya. Festival 7 sungai ini diselenggarakan sebagai cermin sejarah desa Cibuluh dengan budaya agraris atau bersawah yang kental di desa. Desa Cibuluh sendiri terdiri dari beberapa Dusun yaitu Bolang 1,Bolang 2, Bolang 3 dan ciseupan.

Pada kegiatan ini pengunjung bisa ikut terlibat dalam kegiatan festival. Berbagai macam kegiatan yang digelar pada festival, satu diantaranya bersifat literasi yakni seminar yang bertemakan tentang sungai, yang dihadiri oleh para pemerhati dan aktifis lingkungan hidup.



Demikian sajian informasi mengenai Desa Wisata Cibuluh Kabupaten Subang - Jawa Barat yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!


Labels: Serba Subang

Thanks for reading Desa Wisata Cibuluh Kabupaten Subang - Jawa Barat. Please share...!

0 Komentar untuk "Desa Wisata Cibuluh Kabupaten Subang - Jawa Barat"

Your comment for me, please!

Back To Top
close