-->

Memahami Pengertian Metode Pembelajaran

Memahami Pengertian Metode Pembelajaran || Banyak ahli pendidikan yang membuat definisi tentang Metode Pembelajaran, Kali ini akan diulas apa itu pengertian definisi metode pembelajaran yang benar. Jika kita mancari arti metode pembelajaran, maka akan kita dapati beberapa literatur yang berbeda beda. Berikut adalah pengertian metode pembelajaran menurut para ahli:

Abdurrahman Ginting
Metode pembelajaran dapat diartikan cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar pendidikan serta berbagai teknik dan sumberdaya terkait lainnya agar terjadi proses pemblajaran pada diri pembelajar.

Ahmadi (1997: 52)
Metode Pembelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur.

M. Hasby Ashydiqih
Metode Pembelajaran berpendapat bahwa, metode pembelajaran adalah seperangkat cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu dalam proses pembelajaran.

Geriach Ely
Metode pembelajaran adalah cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, yang meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa.

Nana Sudjana (2005: 76)
Metode pembelajaran adalah, “Metode pembelajaran ialah cara yang dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran”

M. Sobri Sutikno (2009: 88)
Metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan.

Gerlach dan Elly ( 80:14)
Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai rencana yang sistematis untuk menyampaikan informasi.

Salamun (dalam Sudrajat, 2009:7)
Metode pembelajaran ialah sebuah caracara yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran yang berbeda dibawah kondisi yang berbeda.

Sedangkan secara umum pengertian metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Yaitu suatu cara yang dipilih oleh pendidik untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud metode pembelajaran adalah cara atau jalan yang ditempuh oleh guru untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Hal ini mendorong seorang guru untuk mencari metode yang tepat dalam penyampaian materinya agar dapat diserap dengan baik oleh siswa.

Demikian sajian informasi mengenai Memahami Pengertian Metode Pembelajaran yang dapat disampaikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Pendidikan

Thanks for reading Memahami Pengertian Metode Pembelajaran. Please share...!

0 Komentar untuk "Memahami Pengertian Metode Pembelajaran"

Your comment for me, please!

Back To Top
close