Desa Wisata Cibeusi Kabupaten Subang

Desa Wisata Cibeusi Kabupaten Subang || Desa Cibeusi merupakan salah satu dari 7 desa di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang yang terletak ± 3 km ke arah timur dari Taman Wisata Alam Pemandian Air Panas Alami Sari Ater. Desa Cibeusi berada di ketinggian 900 meter diatas permukaan laut dengan luas wilayah ± 3,64 Km2. Suhu rata-rata harian di daerah Desa Cibeusi adalah 32.49°C.

Pemerintah Kabupaten Subang telah menetapkan Desa Cibeusi sebagai Desa Wisata sejak tahun 2011. Beberapa hal yang dapat dinikmati di Desa Wisata Cibeusi adalah sebagai berikut:

Curug Cibareubeuy


Curug Cibareubeuy, adalah curug tertinggi di desa wisata Cibeusi. Untuk mencapainya pengunjung harus berjalan kaki sekitar 45 menit hingga 1 jam melewati pematang sawah dan bukit. Namun jangan khawatir, pemandangan yang indah akan menemani sepanjang perjalanan menuju curug. Hamparan sawah berundak, batu-batu raksasa di tengah sawah dan sungai-sungai berair jernih akan menemani perjalanan anda. Di beberapa lokasi juga terdapat beberapa warung yang dapat digunakan sebagai tempat untuk beritirahat sejenak.

Area Jabon



Sebelum mencapai curug Cibareubeuy, pengunjung akan melewati area Jabon. Di area ini telah dibangun saung-saung beratap ijuk yang dapat digunakan untuk beristirahat. Bagi anda yang ingin mencoba sensasi bermalam di hutan, saung – saung ini juga bisa dijadikan tempat bermalam atau dengan membawa tenda camping jika anda berkunjung ke curug Cibareubeuy. 

Kampung Senyum



Tak jauh dari area Jabon pengunjung akan melalui kampung senyum. Sama halnya dengan area Jabon, kampung senyum sebenarnya hanya berupa saung – saung bambu beratap ijuk yang di buat oleh warga setempat bernama pak Ocid. Dari sini curug Cibareubeuy sudah terlihat. 

Curug Pandawa



Curug Pandawa memang tidak terlalu besar, curug ini terlihat unik, aliran airnya melewati tebing berundak-undak. Di bawahnya dibuat sebuah taman yang tampak asri. Di area yang sama juga terdapat warung dan saung-saung ijuk yang juga bisa digunakan untuk bermalam.

Curug Ciangin



Curug Ciangin memiliki ketinggian 9 meter. Di bawah curugannya membentuk kolam dengan kedalaman 5 meter. Jika tak berani mandi di sana pengunjung bisa bermain air di curug kecil lainnya masih di sekitar curug Ciangin.

Beras Hitam "MENAK"



Hal unik lainnya di desa wisata Cibeusi adalah beras hitam. Sebagian petani di desa Cibeusi menanam padi jenis ini. Di Indonesia hanya beberapa daerah saja yang memiliki beras kaya manfaat ini. Di beberapa daerah beras ini bahkan masih dianggap sakral. Di Subang, sebenarnya beras hitam sudah ditanam di kecamatan lain, namun warna hitamnya tak sepekat beras hitam Cibeusi. Kini beras hitam Cibeusi sudah dijual dalam bentuk kemasan dengan merek beras Menak. beras ini bisa menjadi buah tangan bagi para pengunjung yang berwisata ke desa wisata Cibeusi.

Demikian sajian informasi mengenai Desa Wisata Cibeusi Kabupaten Subang yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Serba Subang

Thanks for reading Desa Wisata Cibeusi Kabupaten Subang. Please share...!

0 Komentar untuk "Desa Wisata Cibeusi Kabupaten Subang"

Your comment for me, please!

Back To Top
close