Peristiwa Yang Terjadi Tanggal 8 Maret


Terdapat beberapa peristiwa menghebohkan yang terjadi tanggal 8 Maret tercatat dalam sejarah. Catatan tersebut mungkin ada yang merupakan sejarah sebuah bangsa terkait politik ataupun peristiwa kehidupan yang spektakuler. Berikut peristiwa-peristiwa besar terjadi tanggal 8 Maret yang pernah menghebohkan dunia. Catatan ini dirangkum dari berbagai sumber yang sempat penulis baca.


Tanggal 8 Maret 1576
Penjelajah asal Spanyol, Diego Garcia de Palacio, menjadi orang Eropa pertama yang menemukan reruntuhan Suku Maya di kawasan yang kini dikenal dengan nama Kota Copan di Honduras. Suku Maya mencapai kejayaan di bidang teknologinya pada 250 M hingga 925 M dengan menghasilkan bentuk karya dan peradaban unik seperti bangunan Chichen Itza, pertanian kanal drainase, serta sumurnya yang disebut cenotes. Suku Maya sempat menghebohkan dunia dengan sistem kalendernya yang berakhir pada 2012 dan dianggap sebagai akhir dunia.

Tanggal 8 Maret 1782
Sebanyak 93 orang Indian di Gnadenhutten, Ohio, Amerika Serikat (AS) yang telah masuk Kristen dibunuh milisi dari Pennsylvania. Pembantaian itu merupakan pembalasan atas serangan yang dilakukan Indian di Pennsylvania. Peristiwa itu kini dikenang dengan sebutan Pembantaian Gnadenhutten.

Tanggal 8 Maret 1801
Pasukan Inggris berlabuh di Mesir demi mengusir pasukan Prancis dari Mesir dan Suriah. Dalam peristiwa di masa Perang Koalisi II itu, pasukan Inggris yang dipimpin Ralph Abercromby berhasil mengusir tentara Prancis pimpinan Louis Friant.

Tanggal 8 Maret 1916
Pasukan Inggris pimpinan Letnan Jenderal Fenton Aylmer gagal mempertahankan wilayah Kut - sekarang Irak - setelah dibombardir tentara Kesultanan Ottoman yang dipimpin Colmar Freiherr von der Goltz. Salah satu pertempuran antara kedua negara selama Perang Dunia I itu dikenang dengan sebutan Pertempuran Dujaila.

Tanggal 8 Maret 1917

Perempuan Rusia kembali menggelar aksi protes atas kematian lebih dari 2 juta tentara Rusia dalam perang melalui kampanye “Bread and Roses”. Peristiwa itu dijadikan salah satu catatan sejarah Hari Perempuan Internasional.

Tanggal 8 Maret 1942
Pemerintah Kolonial Hindia Belanda, diwakili Panglima KNIL Letnan Jenderal Hein Ter Poorten, resmi menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Hal itu ditandai dengan ditandatanganinya perjanjian antara kedua negara di Kalijati, Subang, Jawa Barat (Jabar). Belanda secara resmi menyerahkan kekuasaannya di Hindia-Belanda - kini Indonesia -kepada Jepang.

Tanggal 8 Maret 1942
Pasukan Jepang berhasil merebut kekuasaan Kota Rangoon - kini Yangon - di Myanmar dari Inggris. Kekuasaan Jepang di Rangoon berakhir setelah pasukan Sekutu berhasil merebutnya pada Mei 1945.

Tanggal 8 Maret 1947
Sekitar 3.000 tentara Tiongkok tiba di Taiwan dan melancarkan aksi pembunuhan ribuan orang, termasuk banyak orang-orang elite. Tindakan tentara Tiongkok itu dipicu unjuk rasa anti-pemerintah Tiongkok yang dilakukan warga Taiwan beberapa hari sebelumnya. Insiden tersebut kemudian menjadi akar utama gerakan kemerdekaan Taiwan.

Tanggal 8 Maret 1957
Terusan Suez yang menghubungkan Laut Tengah dan Laut Merah kembali dibuka setelah sempat ditutup karena sejumlah konflik yang melibatkan Mesir dan Israel. Pembukaan kembali terusan tersebut dikarenakan Israel telah menarik pasukannya yang sempat menduduki wilayah Mesir dekat Terusan Suez.

Tanggal 8 Maret 1985
Bom mobil meledak di Beirut, Lebanon menewaskan 45 orang dan melukai 175 orang lainnya. Bom tersebut diduga untuk membunuh pemimpin Syiah Sayyed Mohammad Hussein Fadlallah. Namun pada ledakan itu, Sayyed selamat.

Tanggal 8 Maret 2014
Pesawat Boeing 777 yang dioperasikan maskapai penerbangan Malaysia Airlines dikabarkan menghilang. Pesawat tersebut kemudian diduga hilang di Samudra Hindia saat terbang dari Kuala Lumpur menuju Beijing. Namun demikian, bangkai pesawat dan 239 penumpang serta awaknya belum ditemukan.

Baca Juga;
Dokumen Kurikulum 2013 Revisi 2017 - KLIK di SINI

Demikian sajian informasi mengenai Peristiwa Yang TerjadiTanggal 8 Maret yang dapat penulis sajikan dalam kesempatan ini. Mudah-mudahan menambah wawasan cakrawala pengetahuan dunia.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Berita Umum, Peristiwa Tanggal, Sejarah

Thanks for reading Peristiwa Yang Terjadi Tanggal 8 Maret. Please share...!

0 Komentar untuk "Peristiwa Yang Terjadi Tanggal 8 Maret"

Your comment for me, please!

Back To Top
close