Silabus Tematik SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi , kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

Dalam Kurikulum 2013 hasil revisi 2017, untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) sudah dikemas dalam Bentuk Silabus Tematik Terpadu. Kemasan Silabus tersebut tidak lagi berdasarkan Mata Pelajaran Secara Parsial, akan tetapi Mata Pelajaran tersebut terdapat dalam Tema yang sudah ditetapkan. Namun, untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti merupakan Mata Pelajaran Parsial yang dikemas secara terpisah. Mata Pelajaran Seperti Matematika dan PJOK juga untuk kelas IV, V dan VI diberikan secara Parsial.

Komponen Silabus Tematik hanya terdiri dari 3 bagian saja yaitu:
  1. Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
  2. Materi Pembelajaran 
  3. Kegiatan Pembelajaran
Untuk mendapatkan Silabus Tematik, silahkan :
Silabus Tematik SD Kurikulum 2013 Revisi 2017 - KLIK di SINI

Untuk mendapatkan Silabus SD lainnya, silahkan :

Sangat Direkomendasikan;
Pesan RPP Tematik - [klik di sini]
Cara Praktis Memiliki RPP Tematik Kurikulum 2013 - [klik di sini]

Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

Demikian sajian informasi mengenai SilabusTematik SD Kurikulum 2013 Revisi 2017. Mudah-mudahan memberikan referensi tambahan guna meningkatkan kesiapan dan kemantapan pelaksanaan Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Semoga Bermanfaat.

Labels: Kurikulum, Silabus

Thanks for reading Silabus Tematik SD Kurikulum 2013 Revisi 2017. Please share...!

Back To Top
close