Inilah Pernyataan Mendikbud pada Konkernas V PGRI Tahun 2018 di Batam

Dalam acara Konferensi Kerja Nasional (Konkernas) PGRI V di Batam, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof. Muhadjir Effendy menyempatkan hadir pada tanggal 3 Februari 2018 setelah acara tersebu sehari sebelumnya dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada tanggal 2 Februari 2018. 

PGRI sebelumnya menyampaikan beberapa tuntutan. Atas tuntutan yang disampaikan PGRI, Mendikbud menyampaikan beberapa hal pernyataan di hadapan ribuan anggota PGRI peserta Konkernas V PGRI. Berikut beberapa pernyataan Mendikbud:

  1. Pemerintah akan mengangkat Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara bertahap dengan rumus jumlah pensiun + 50 % kurang lebih 100.000 s.d 150.000 guru per tahun.
  2. Kewajiban mengajar Guru tetap 24 jam per minggu tetapi bukan hanya tatap muka mengajar, melainkan termasuk kegiatan guru lainnya yang dapat diekuivalensi dengan jumlah jam mengajar (JJM).
  3. Beban Kerja PNS Aparatur Sipil Negara (ASN) juga tetap 8 jam perhari dengan 5 hari kerja.
  4. Tunjangan Profesi Guru (TPG) termasuk juga Pengawas Sekolah tidak dipotong apabila guru tidak masuk kerja karena ijin dan/atau sakit hingga 14 hari,
  5. Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, tidak ada kewajiban mengikuti Diklat tertentu untuk mendapatkan Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) dan Nomor Unik Pengawas Sekolah (NUPS).
  6. Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah direncanakan jadi Pegawai Pusat (Kemendikbud)
  7. SIM PKB hanya untuk pendataan anggota KKG, MGMP dan MKKS, tidak ada hubungannya dengan TPG sama sekali.
  8. Guru honorer Ahmad Budi Cahyono, dipertimbangkan diangkat menjadi PNS Jalur Istimewa dan menjamin pendidikan bagi anaknya hingga Perguruan Tinggi.
Demikian disampaikan Mendikbud, kita berharap pernyataan tersebut disosialisasikan berikut regulasinya, karena kalau masih hanya sebatas program dan kebijakan ketika menjabat tanpa dinaungi oleh kekuatan hukum dikhawatirkan akan berubah lagi terlebih ketika Jabatan Mendikbud berganti. 

Demikian sajian informasi mengenai; Inilah Pernyataan Mendikbud pada Konkernas V PGRI Tahun 2018 di Batam. Semoga Bermanfaat !!!


Labels: Pendidikan

Thanks for reading Inilah Pernyataan Mendikbud pada Konkernas V PGRI Tahun 2018 di Batam. Please share...!

Back To Top
close