Ini Dia Mobil Asli Buatan Indonesia yang Wajib Diketahui (1)

Selama puluhan tahun setelah Indonesia merdeka, kemajuan ekonomi masyarakat semakin meningkat dengan pesat. Salah satu cirinya adalah semakin bertambahnya kendaraan di jalan raya termasuk mobil yang terutama di kota-kota besar terjadi kemacetan yang sangat parah. Memang, Indonesia termasuk negara dengan masyarakat pengguna mobil terbanyak di dunia. Dari sekian banyak mobil di jalan raya yang lalu-lalang tiap hari, hampir dipastikan lebih dari 99 % merupakan mobil produksi luar negeri.

Tidak banyak masyarakat mengetahui banhwa Indonesia sebenarnya memiliki mobil buatan dalam negeri asli karya anak bangsa. Berikut beberapa Mobil Nasional buatan Indonesia.

ESEMKA. Mobil Esemka ini diciptakan oleh anak – anak berbakata dari Siswa Menengah Kejuruan (SMK) dari inisiatornya Seukiat seorang pemilik Kiat Motor di Klaten, kemudian untuk memproduksi secara masal, Esemka dirakit di PT Adi Perkasa Citra Esemka Hero. Nama mobil tersebut diambil dari pelafalan (SMK) Esemka dan memiliki lima jenis Varian yakni SUV, Pick up double cabin, sedan, pick up single cabin, dan van.
ESEMKA
EVINA. Evina adalah sebuah mobil listrik buatan Indonesia yang drancang oleh Dasep Ahmadi. Evina merupakan singkatan dari Electric Vehicle Indonesia. Mobil listrik ini diberi nama oleh direktur PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), yaitu Nur Pamudji. Karena pihak Dasep Ahmadi melalui PT Sarimas Ahmadi Pratama menggandeng PLN dalam pengembangan mobil listrik ini. Di sini PLN berperan sebagai penyedia infrastruktur bagi mobil listrik.
EVINA
FIN KOMODO. Fin Komodo, adalah kendaraan un-conventional yang dirancang bangun khusus untuk digunakan di medan off-road sesuai dengan alam Indonesia, sebuah kendaraan multi guna, dengan dukungan spare part yang tersedia di pasaran, harga relatif terjangkau, perawatanya mudah dan murah dengan memberikan kenyamanan dan keamanan yang optimum. Fin Komodo diproduksi oleh PT. Fin Komodo Teknologi, Jl. Kol. Masturi, Cipageran, Cimahi Utara, Kota Cimahi, Jawa Barat.
FIN KOMODO
GEA. Mobil Gea merupakan hasil kerja sama antara Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BPPT)  yang memprduksi Mesin sedangkan Body dan Kabin dibuat oleh PT Inka (Industri Kereta Api). GEA merupakan singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif. Sumber tenaga GEA adalah Mesin Rusnas berkapasitas 640 cc. Mesin ini, dibuat oleh BPPT. GEA mampu dipacu sampai dengan 90 km/jam.
G E A
TAWON. Mobil Tawon merupakan mobil nasional yang diproduksi oleh PT Super Gasindo Jaya yang lokasi industrinya di Rangkasbitung - Banten. Dinamakan Tawon karena karena filosofinya, Tawon itu rajin bekerja, pagi-pagi sudah bekerja, selain itu, Tawon memiliki komunikasi yang sangat tinggi antar sesamanya, serta hanya mau bersarang di tempat yang bersih. Tawon pun menghasilkan produk yang berdayaguna seperti madu, serta dengan sengatnya, membuat Tawon tidak mudah diganggu.
TAWON
Baca Juga: Ini Dia Mobil Asli Buatan Indonesia yang Wajib Diketahui (bagian 2)

Demikian sajian informasi mengenai Mobil Asli Buatan Indonesia (Bagian 1) yang Wajib Diketahui. Mudah-mudahan menjadi referensi jika suatu saat nanti setelah pangsa pasarnya meluas dapat dipertimbangkan memilikinya jika kondisi finansial memungkinkan.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Buatan Indonesia, Otomotif

Thanks for reading Ini Dia Mobil Asli Buatan Indonesia yang Wajib Diketahui (1). Please share...!

Back To Top
close