Cara Efektif Terhindar Virus COVID-19

Cara Efektif Terhindar Virus COVID-19 || Pada saat tulisan ini dibuat, data COVID-19 di Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat memprihatiknan yaitu; Positif 4.241 kasus, Dirawat 3.509 Sembuh 359 dan Meninggal 373. Saya tergerak untuk turut serta “melawan” COVID-19 dengan cara yang bisa dilakukan yaitu mengkampanyekan  Cara Efektif Terhindar Virus COVID-19 untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 melalui tulisan ini.

Sebagaimana telah diketahui bahwa COVID-19 hanya bisa “keluar” dari Pengidap melalui droplet yaitu butiran cairan dari batuk atau bersin. Ketika seorang pengidap COVID-19 batuk atau bersin maka virus itu akan terbawa keluat, terbang kurang lebih sejauh 1 meter dan hinggap pada benda yang terjangkau. Lama atau tidaknya virus bertahan hidup tergantung dari kondisi alam di sekitar tempat tersebut. Semakin dingin atau lembab kemungkinan virus bertahan hidup akan semakin lama, karena cairan yang membawanya lebih lama mengering.

Sehubungan dengan hal tersebut, beberapa hal dapat dilakukan agar terhindar dari kemungkinan tertular COVID-19.
  1. Sebisa mungkin tetap tinggal di rumah saja.
  2. Jika terpaksa harus keluar rumah; pakailah masker, hati-hati menyentuh benda-benda yang disentuh banyak orang, menjaga jarak dengan orang lain, membawa hand sanitizer atau sering cuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, jangan menyentuh bagian muka sebelum membersihkan tangan.
  3. Kalau di rumahpun, berhati-hati dan jaga jarak ketika kontak dengan orang lain seperti pedagang, pengantar paket atau tamu.
  4. Lakukan disinveksi terhadap barang yang diterima atau dibeli dengan cairan disinvektan yang ramah.
  5. Biasakan pola hidup bersih dan sehat; makanan yang sehat, olah raga di rumah, berjemur 15 menit jam 10 pagi, istirahat yang cukup dan yang lainnya.
  6. Menyediakan tempat cuci tangan dan sabun di depan/luar rumah.
  7. Cuci tangan dengan sabun sebelum masuk rumah.
  8. Ketika datang ke rumah, langsung mandi dan ganti pakaian.
  9. Hati-hati kontak dengan hewan.
  10. Selalu tenang menghadapi kenyataan, waspada dan tidak panik.
  11. Beribadah dan berdo’a, lebih khusus agar terhindar dan atau selamat dari bencana dan bahaya.
Demikian sajian informasi Cara Efektif Terhindar Virus COVID-19 yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: covid-19

Thanks for reading Cara Efektif Terhindar Virus COVID-19. Please share...!

0 Komentar untuk "Cara Efektif Terhindar Virus COVID-19"

Your comment for me, please!

Back To Top
close