-->

UNBK Meningkatkan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN)

Pada tahun 2018 ini, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) diikuti 8,1 juta peserta didik dan diselenggarakan di 96 ribu satuan pendidikan. Tercatat sebanyak 6.293.552 peserta didik (78 persen) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Jumlah ini meningkat signifikan, mencapai 166 persen dari tahun sebelumnya, yang mencapai 3,7 juta peserta. Kemdikbud mengapresiasi dukungan seluruh pihak, khususnya pemerintah daerah dalam penyelenggaraan ujian nasional tahun ini.

Selain mengurangi risiko kesalahan dan keterlambatan distribusi soal, UNBK dapat meminimalisir praktik kecurangan dalam penyelenggaraan, juga pengerjaan soal oleh peserta karena adanya sistem acak variasi soal. Sejak diperkenalkan pada tahun 2015, rerata Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) secara nasional untuk semua jenjang semakin meningkat.

Di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), peserta UNBK mencapai 98 persen. Sedangkan di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), peserta UNBK mencapai 91 persen, sisanya melaksanakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP). Secara umum, tahun ini terdapat sekitar 22 persen peserta didik yang melaksanakan UNKP.

Untuk tahun-tahun mendatang, Kemdikbud berharap seluruh peserta didik dapat melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). UNBK dipandang efektif meningkatkan kredibilitas, reliabilitas, akuntabilitas, serta efisiensi pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa secara nasional. Kemendikbud terus mendorong sekolah dan guru konsisten memakai hasil evaluasi untuk memperbaiki kekurangan pembelajaran; fokus menuntaskan materi-materi yang ada dalam kurikulum, bukan pada pengerjaan soal UN.

Beberapa pokok perbedaan pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya di antaranya adalah soal isian singkat yang terdapat pada mata pelajaran matematika jenjang SMA/sederajat. Tahun ini, Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) menggunakan digital signature, dan biaya untuk proktor dan pengawas ujian di satuan pendidikan dapat menggunakan anggaran yang dibebankan pada dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Demikian sajian informasi mengenai UNBK Meningkatkan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN)  yang dapat disajikan pada kesempatan ini.

Semoga Bermanfaat !!!

Labels: Artikel

Thanks for reading UNBK Meningkatkan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN). Please share...!

0 Komentar untuk "UNBK Meningkatkan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN)"

Your comment for me, please!

Back To Top
close