Inilah Seragam Sekolah Resmi SD SMP SMA SMK

Seragam Sekolah Resmi SD SMP SMA SMK || Dengan pertimbangan bahwa dalam rangka memperkuat jati diri bangsa, di sekolah diperlukan pembinaan dan pengembangan kesiswaan untuk menciptakan suasana dan tata kehidupan satuan pendidikan yang baik dan sehat, sehingga menjamin kelancaran proses belajar mengajar. Salah satu upaya dan bentuk penciptaan kondisi dalam rangka memperkuat jati diri bangsa, perlu diatur pakaian seragam sekolah guna meningkatkan citra satuan pendidikan serta meningkatkan persatuan dan kesatuan di kalangan peserta didik.

Realilsasi dari pertimbangan tersebut, kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 45 Tahun 2014 tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Sekolah pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yang dimaksud adalah Sekolah Dasar/Sekolah Dasar Luar Biasa (SD/SDLB), Sekolah Menengah Pertama/Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMP/SMPLB), Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMA/SMALB), dan Sekolah Menengah Kejuruan/Sekolah Menengah Kejuruan Luar Biasa (SMK/SMKLB) baik negeri maupun swasta.

Pakaian Seragam Sekolah SD, SMP dan SMA/SMK terdiri dari Pakaian Seragam Nasional, Pakaian Seragam Kepramukaan, Pakaian Seragam Khas Sekolah, Pakaian Seragam Khas Muslimah. Pakaian Seragam Sekolah tersebut dilengkapi dengan Atribut. Namun dalam Permendikbud Nomor 45 Tahun 2014 tidak membahas Pakaian Seragam Kepramukaan dan untuk hal ini mengacu kepada Ketentuan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Pakaian seragam nasional adalah pakaian yang dikenakan pada hari belajar oleh peserta didik di sekolah, yang jenis, model, dan warnanya sama berlaku secara nasional.




Pakaian seragam khas sekolah adalah pakaian seragam bercirikan karakteristik sekolah yang dikenakan oleh peserta didik pada hari tertentu, dalam rangka meningkatkan kebanggaan peserta didik terhadap sekolahnya.

Pakaian seragam khas muslimah adalah pakaian seragam yang dikenakan oleh peserta didik muslimah karena keyakinan pribadinya sesuai dengan jenis, model, dan warna yang telah ditentukan dalam kegiatan proses belajar mengajar untuk semua jenis pakaian seragam sekolah.

Atribut adalah kelengkapan pakaian seragam nasional yang menunjukkan identitas masing-masing sekolah terdiri dari badge organisasi kesiswaan, badge merah putih, badge nama peserta didik, badge nama sekolah dan nama kabupaten/kota.

Demikian sajian informasi mengenai Seragam Sekolah Resmi SD SMP SMA SMK yang dapat disajikan. Semoga Bermanfaat !!!

Labels: PPDB

Thanks for reading Inilah Seragam Sekolah Resmi SD SMP SMA SMK. Please share...!

0 Komentar untuk "Inilah Seragam Sekolah Resmi SD SMP SMA SMK"

Your comment for me, please!

Back To Top
close